1
Motivasi

Merasa Hidup “Gini-Gini Aja”? Lakukan 6 Hal Ini Agar Hidup Berubah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada titik dalam hidup di mana kita merasa ‘stuck’. Dalam posisi mentok tersebut, kita seakan ada di tempat yang sama dalam waktu lama, tanpa perubahan yang berarti. Jangan kecil hati, karena selalu ada cara mengubah hidup jika kita berusaha. Di bawah ini adalah 6 hal yang bisa kita lakukan agar hidup berubah.

  1. Berhenti Mengeluh

Kebiasaan mengeluh menimbulkan banyak dampak negatif. Mulai dari mood yang tidak baik, ekspresi wajah yang tidak menyenangkan, serta berkurangnya rejeki dan kesempatan. Orang yang suka mengeluh lebih mudah melihat sisi negatif dalam berbagai hal, sehingga banyak kesempatan baik yang akan ia lewatkan.

Agar hidup berubah, mulailah untuk mensyukuri apa yang kita miliki. Misalnya, tempat tinggal, keluarga, orang-orang baik, makanan yang bisa dinikmati dan sebagainya. Bahkan peristiwa tidak menyenangkan juga harus kita syukuri. Setidaknya hal tersebut membuat kita belajar dan lebih dekat dengan Allah.

Jika kita banyak bersyukur, pikiran dan suasana hati menjadi lebih positif. Bukankah jika kita bersyukur, Allah akan menambah nikmatNya?

  1. Nikmati Waktu Sendiri

Semakin bertambah usia, biasanya teman-teman akan semakin berkurang. Jika dulu kita dikelilingi banyak teman yang bisa mengajak kita bersenang-senang, lambat laun mereka akan memiliki kesibukan masing-masing. Waktu untuk berkumpul tidak lagi sebanyak dulu.

Kesepian saat tidak ada lagi teman yang menemani seperti dulu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jangan sampai hal tersebut membuatmu terpuruk. Agar hidup berubah, lihat sisi positifnya, kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk dirimu. Dalam waktu sendiri itu, kita bisa lebih fokus mencapai tujuan, berubah menjadi pribadi yang lebih baik, serta bisa memusatkan perhatian kepada keluarga terdekat.

  1. Selektif Memilih Lingkungan

Lingkungan adalah penentu keberhasilan. Jika kita banyak bergaul dengan orang-orang yang berhasil, maka kita akan mendapat banyak kesempatan dan jaringan. Lain halnya jika banyak orang negatif yang berada di sekeliling kita. Orang yang negatif adalah mereka yang suka mengeluh, memiliki karakter toxic, dan tidak memiliki semangat untuk berkembang.

Bukan hal yang salah jika kita memilih menjauhi orang-orang yang membawa hawa negatif seperti itu. Hal tersebut harus dilakukan jika ingin hidup berubah. Bukan berarti kita memusuhi dan memutus silaturahim, hanya saja membatasi interaksi dengan mereka.

webinar umroh.com
  1. Pilih Satu Keahlian yang Ingin Kamu Kuasai

Cara agar hidup berubah adalah melakukan cara-cara berbeda dari yang biasa kita lakukan. Salah satu caranya adalah menguasai keahlian baru. Tentukan satu keahlian yang ingin dikuasai, lalu sisakan waktu untuk berlatih setiap hari. Misalnya keahlian dalam pemasaran online, keahlian memasak, dan sebagainya.

  1. Tentukan Satu Tujuan dan Fokuslah

Ketika kita fokus pada tujuan, maka kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki diri. Rasa bosan atau putus asa seringkali menggoda kita untuk beralih tujuan. Tidak ada yang instan dalam hidup, termasuk dalam proses perubahan hidup agar menjadi lebih baik. Akan ada hal-hal tidak nyaman yang kita rasakan. Bangkitlah saat gagal, dan cari hal yang bisa diperbaiki.

  1. Mengutamakan Allah di Setiap Kondisi

Langkah-langkah dalam mengubah hidup yang kita lakukan tidak akan berarti tanpa kehadiran Allah. Allah adalah Pemilik Langit dan Bumi, yang Maha Kuasa dalam kehidupan kita. Agar hidup berubah, hadirkan Allah dalam setiap langkah. Berusahalah taqwa sekuat mungkin, dan utamakan Allah di setiap kondisi. Jika Allah ridha dengan usaha kita untuk berubah, maka dengan kuasaNya, Allah akan memberikan jalan-jalan yang tidak disangka-sangka.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.