1
Motivasi

Sulit Berkata ‘Tidak’? Lakukan 6 Langkah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam berhubungan dengan orang lain, kita pasti akan menerima ajakan dan tawaran dari orang yang kita kenal. Ada tawaran dan ajakan yang menarik dan bisa kita sanggupi. Namun, ada juga ajakan dan tawaran yang membuat kita berat hati menyanggupinya.

Sebagai manusia biasa, sebaiknya kita tidak selalu mengiyakan ajakan dan tawaran yang diberikan. Ada saat-saat di mana kita diperbolehkan menolak dan berkata ‘tidak’. Memang terasa berat jika belum terlatih. Namun kita bisa melakukan 6 cara untuk berkata tidak di bawah ini.

  1. Ketahuilah Apa yang Kamu Inginkan

Setiap orang tentu memiliki keinginan dan tujuan hidup masing-masing. Orang-orang yang mengetahui keinginan dan tujuannya dengan jelas, akan lebih mudah untuk menentukan, mana yang bisa diterima dan mana yang tidak.

Misalnya orang yang menginginkan hidup sehat, pasti akan lebih mudah berkata ‘tidak’ ketika ada orang yang mengajaknya makan-makanan yang tidak jelas. Orang yang ingin bertakwa kepada Allah pasti akan lebih mudah berkata ‘tidak’ ketika ada seseorang yang mengajaknya untuk berbuat sesuatu yang dilarang Allah. Ketahuilah apa yang kamu inginkan dalam hidup, maka berkata ‘tidak’ akan lebih mudah dilakukan

  1. Identifikasi Dampak ketika Berkata “Iya”

Saat ada yang menawarkan sesuatu, namun kamu tidak nyaman, cobalah lihat apa dampak dari berkata ‘iya’. Misalnya ketika ada yang mengajakmu untuk berjalan-jalan di hari Minggu, lihatlah apa dampaknya saat kamu mengiyakan ajakan mereka. Jika kamu merasa perlu istirahat, maka mengiyakan ajakan mereka akan membuat tubuh semakin lelah dan tidak bisa menikmati acara jalan-jalan.

Hindari sesuatu yang akan membuatmu rugi ketika berkata ‘iya’. Pastikan ketika kamu mengiyakan sesuatu, hal tersebut memiliki dampak yang positif bagimu.

  1. Berkata ‘Tidak’ Bukan Hal yang Dilarang

Setiap orang tentu memiliki prioritas dan kebutuhan masing-masing. Karena itulah berkata ‘tidak’ bukan sesuatu yang dilarang. Jika hal yang kita tolak adalah hal yang tidak sesuai dengan prioritas, kebutuhan, atau prinsip, maka tidak ada yang berhak melarang kita untuk menolak ajakan mereka.

  1. Katakan ‘Tidak’ dengan Sederhana

Hindari berbelit-belit saat mengatakan ‘tidak’. Sampaikan saja kamu tidak bersedia untuk mengikuti ajakan atau tawaran mereka. Kita tidak perlu menjelaskan dengan panjang lebar kepada mereka, karena memang setiap orang memiliki kebutuhan dan keyakinan masing-masing.

webinar umroh.com
  1. Tetap Tunjukkan Penghormatan

Tetap tunjukkan penghormatan saat berkata ‘tidak’. Hindari mengatakan ‘tidak’ dengan intonasi yang tinggi, apalagi jika kita mengatakan ‘tidak’ dengan kata-kata yang tidak pantas dan negatif. Mengatakan ‘tidak adalah hak kita. Namun sebagai seorang muslim, menjaga perasaan orang lain juga merupakan kewajiban kita.

  1. Tawarkan Alternatif Jika Memungkinkan

Selalu ada perasaan bersalah ketika kita mengatakan ‘tidak’. Untuk mengatasi rasa bersalah tersebut. tawarkan alternatif Jika memungkinkan. Misalnya ketika kamu mengatakan tidak bisa mengikuti ajakan mereka, sampaikan jika suatu hari nanti ada acara, kita akan menyanggupinya jika kondisi memungkinkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.