1
Kesehatan

3 Produk yang Dihasilkan Lebah Ini Dipercaya Menyehatkan. Mana yang Kamu Pilih?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Madu adalah bahan makanan yang dipercaya memiliki banyak khasiat dalam pandangan Islam. Surat ke-16 dalam Al Qur’an sendiri adalah An Nahl, yang artinya adalah lebah, hewan penghasil madu. Lebah adalah hewan istimewa yang diciptakan oleh Allah dengan banyak manfaat dan kenikmatan bagi manusia.

Dalam surat An Nahl ayat 69, Allah berfirman bahwa “dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkan).

Jika selama ini kita mengenal lebah menghasilkan madu yang banyak manfaatnya, ternyata ada lagi produk dari binatang kecil tersebut. Di bawah ini, adalah 3 macam bahan makanan yang dihasilkan oleh lebah dan dipercaya bermanfaat bagi manusia.

Royal Jelly

Royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh kelenjar lebah madu pekerja. Biasanya, susu Ini digunakan oleh ratu lebah sebagai makanannya. Para peternak lebah biasanya juga mengambil makanan ratu lebah ini untuk dijual kepada konsumen. Royal jelly diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Banyak orang yang mengkonsumsi royal jelly sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan. Sebelum dikenal sebagai suplemen, royal jelly ternyata telah lebih dulu digunakan dalam berbagai obat tradisional. Misalnya obat tradisional Cina yang banyak menggunakan royal jelly, sebagai minuman untuk memperpanjang usia, mencegah penyakit, serta meningkatkan vitalitas.

Kandungan royal jelly ini tidak lepas dari komponen-komponen di dalamnya. Susu lebah Ini mengandung campuran air, collagen, serta berbagai macam enzim dan hormon. Royal jelly banyak dijual dalam bentuk segar, kapsul, atau bubuk.

Bee Pollen

webinar umroh.com

Bee pollen atau Pollen lebah merupakan serbuk sari yang telah dikumpulkan oleh lebah. Lebah mengumpulkan serbuk sari melalui air liurnya. Bee pollen diyakini oleh para ahli pengobatan herbal sebagai sumber gizi yang bagus.

Serbuk sari yang telah dikumpulkan lebah ini dipercaya sangat baik bagi kesehatan. Bee pollen dipercaya mengobati asma, impotensi, prostatitis, pendarahan tukak lambung, penyakit ketinggian, serta mengatasi alergi dan meningkatkan nafsu makan. Bee pollen juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kulit serta mencegah penuaan dini .

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bee pollen mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, lipid dan protein. Namun, penggunaan bee pollen harus hati-hati, terutama bagi wanita hamil dan orang-orang yang memiliki alergi serbuk sari. Jika meneruskan penggunaan bee pollen, orang yang alergi serbuk sari akan mengalami gatal-gatal, bengkak, sesak nafas, hingga anafilaksis yang mengancam nyawa.

Madu Manuka

Madu manuka adalah madu yang berasal dari Selandia Baru.  Madu ini merupakan madu alami yang dihasilkan oleh lebah yang memakan sari bunga manuka (Leptospernum Scoparium).  Bunga manuka ini hanya tumbuh di Selandia Baru.

Karena madu ini diimpor dari luar negeri, harga madu manuka biasanya puluhan kali lipat dari madu biasa. Harga yang mahal ternyata sebanyak dengan khasiatnya. Kandungan dalam madu manuka diperkirakan empat kali lebih banyak daripada madu biasa. Inilah yang membuatnya memiliki efek yang lebih kuat dalam mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Prof. Dr. Peter Molan, antibakteri dalam madu manuka sangat stabil dan tidak mudah dirusak oleh enzim dalam tubuh.

Madu manuka bisa digunakan untuk mengobati penyakit lambung, penyakit kulit (seperti jerawat, luka bakar, bisul, dan eksim), penyakit akibat penggunaan antibiotik berlebihan sakit gigi, radang tenggorokan, meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagainya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.