1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Ingin Pahala Puasa Tidak Tekor? Jangan Sampai Dilalaikan Hal-Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

 

Dalam memasuki ramadhan, kita harus sebisa mungkin dapat memaksimalkan amalan kita. Karena itu, janganlah kita terjebak untuk sering melakukan hal sia-sia yang tak berpahala. Memang beberapa hal ada yang dapat menggoda kita untuk sering melakukan hal-hal tak berpahala. Berikut ada beberapa hal yang dapat menggoda kita sehingga membuat pahala puasa kita tekor:

TV. Hal ini dapat merusak pahala kita bila tidak dimanfaatkan untuk melihat kebaikan. Apalagi jika yang ditonton acara-acara yang bisa merusak puasa orang orang dan mengurangi pahala, seperti film sinetron dan iklan murahan. Jadi seleksilah acara yang kita tonton di bulan puasa ini, agar pahala kita tidak tekor.

Pasar. Pasar dapat mengurangi pahala apabila kita kerap membeli barang-barang yang tidak tepat dan berfaedah. Dan juga apabila kita terlena dengan sangat lama berada di pasar. Sehingga aktifitas yang dapat mendatangkan pahala jadi terbuang begitu saja. Oleh karena itu tentukan belanjaanmu begitu pergi ke pasar. Jangan berlama-lama disana agar bisa meluangkan waktu untuk aktivitas berpahala.

Begadang. Begadang tentu saja juga membuat pahala orang yang berpuasa tekor, apabila diisi oleh aktivitas-aktivitas yang tek berpahala. Dan parahnya, apabila begadang yang dilakukan membuat kita kelelahan dan ketiduran, sehingga terlewat dari aktivitas berpahala seperti sholat tahajud dari seoramg hamba di sepertiga malam terakhir, dan menghilangkan kesempatan untuk istighfar serta taubat.

Dapur. Dapur dapat membuat pahala kita tekor apabila kita keseringan berada di dapur hanya untuk membuat makanan yang menurut enak sebagai hidangan sahur atau berbuka. Tapi hal itu justru menyebabkan kita terlewat untuk melakukan aktivitas-aktivitas berpahala. Karena itu, buatlah makanan yang sewajarnya dan jangan sampai terlena di dapur.

Handphone. Sudah menjadi rahasia umum sepertinya jika handphone memamng rentan mendatangkan dosa apabila tidak dipergunakan dengan baik. Dan dosa itu bisa berupa ghibah, namimah, dusta, memuji diri atau orang lain, membeberkan rahasia, berdebat tanpa ilmu, ikut campur urusan orang, dan sebagainya dari kesalahan-kesalaham mulut yang banyak yang juga merupakan majlis yang kosong dari dzikir. Karena itu, manfaatkanlah handphone dengan bijak terlebih lagi di bulan Ramadhan.

Pelit. Tentu saja sikap pelit akan membuat pahala Ramadhan kita dapat tekor. Karena kita justru dianjurkan banyak sedekah di bulan Ramadhan. Ingat apabila sedekah akan melindungimu dari neraka. Dan sebaik-baik sedekah adalah di bulan Ramadhon. Dengan demikian bersedekahlah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi. Jangan biarkan sifat pelit timbul di jiwa kita.

webinar umroh.com

Majelis yang kosong dari mengingat Allah. Hal iturasanya tidak hanya membuat pahala Ramadhan kita tekor. Tapi lebih dari itu, hal ini dapat membawa penyesalan bagi kita semua di hari kiamat. Nabi shallaalhu alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah suatu kaum bermajelis, tidak mengingat Allah dan tidak juga bersholawat kepada Nabi mereka kecuali mereka meninggalkan penyesalan. Bila Allah mau maka Allah akan menyiksa mereka, atau Allah berkehendak mengampuninya.”

Sosmed. Sosmed tentu saja bisa terbilang salah satu faktor kelas berat yang dapat membuat tekor pahala puasa kita.  Karena itu, gunakanlah sosmed dengan bijak. Semua sosmed baik berbentuk facebooj, whatsapp, BBM, twitter  (dan seluruh Media Sosial lainnya), akan membuat pahala puasa kita tekor apabila tidak digunakan dengan bijak dan benar dalam kebaikan untuk menyambut bulan yang mulia ini (Ramadhan).

Maka dari itulah, sudah seharusnya kita berhati-hati dan menghindari kelalaian yang dapat membuat pahala puasa kita tekor. Karena itum bersiap-siaplah untuk menyambut bulan mulia ini dengan persiapan yang sebaik mungkin. Karena itu, ingatlah jika anda mendapatinya pada tahun ini, maka belum tentu Anda dapatkan pada tahun yg akan datang.