1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Beberapa Cara Agar Kita Dipermudah di Setiap Masalah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita semua pasti ingin agar hidup kita ini selalu terasa mudah. Namun, memang tak selamanya bisa begini. Akan selalu ada saja masalah yang melanda kita selama kita hidup. Akan tetapi, ada beberapa resep agar kita senantiasa merasa jalan kita dipermudah di setiap masalah yang ada. Berikut beberapa tipsnya:

القَاعِدَة1⃣ لَسْتَ وَحْدَك

-Bersyukur & ingatlah orang-orang yang lebih susah darimu.

Salah satu cara agar kita selalu mendapat kemudahan ketika mengalami kesulitan adalah, dengan mengingat masih ada yang lebih susah daripada kita. Dengan cara begitu, akan tercipta rasa syukur di dalam diri kita. Rasa syukur dapat menciptakan energy positif yang membuat masalah terasa lebih ringan.

القاعدة2⃣: (لَا يَقدِرُ اللهُ شَيئًا إِلّا لِحِكمَة).

-Ingatlah hikmah dibalik setiap kesulitan.

Satu hal yang tak kalah penting adalah dengan mengingat pasti selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian. Tak peduli apakah kejadian tersebyt kita rasa buruk dan dapat menimbulkan kesedihan serta kesulitan untuk kita. Tapi yakinlah Allah tidak mungkin menakdirkan sesuatu melainkan pasti ada hikmahnya.

القاعدة3⃣: (جَالِبُ النَّفعَ وَدَافِعُ الضُّرّ هُوَ اللهُ فلَا تَتَعلَّق إِلّا بِه).

webinar umroh.com

-Bergantunglah selalu hanya kepada Allah

Ingat, Allah yang mendatangkan kesulitan sehinggah Allah pula lah yang dapat memberikan kemudahan serta solusi atas setiap kesulita. Oleh karena itu, jangan bergantung kecuali hanya kepada Allah. Dan hanya Allah pula yang kuasa memberikan manfaat dan mejauhkan mudharat adalah Allah.

القاعدة4⃣: (مآ أصَابَكَ لَم يَكُن لِيُخطِئَك ، وَمآ أَخْطَأَك لَم يَكن لِيُصِيبَك).

-Yakin jika semua adalah takdir dan sudah menjadi ketetapan-Nya

Tidak ada sesuatu yang dapat terjadi di muka bumi ini kecuali atas izin Allah. Termasuk kesulitan yang menimpa diri kita. Maka dari itu, yakinlah jika semua itu sudah digariskan Allah. Tapi jangan hanya meyakini, kita juga wajib berikhtiar untuk mencari jalan keluar-Nya. Dan kita juga wajib meyakini bahwa yang ditakdirkan Allah itu memang sudah yang terbaik untuk hamba-Nya.

القاعدة5⃣: (اَعرِفْ حَقِيقَةَ الدُّنيا تَستَرِحْ).

-Ketahuilah hakikat dunia

Sangat penting juga bagi seorang hamba untuk mengetahui hakikat dunia. Dengan mengetahui hakikat dunia, seorang hamba dapat menjadi tenang. Dengan begitu, masalah dan kesulitan yang dihadapinya pun bisa terasa lebih ringan.

Maksud mengetahui hakikat dunia disini adalah mengetahui jika yang namanya dunia pasti tidak luput dari masalah. Masalah adalah bagian yang tak bisa dipisahkan selama kita hidup di bumi ini. Kita juga wajib mengetahui bahwa dunia memang merupakan tempatnya ujian dan kehidupannya pun hanya semu.