1
Kesehatan Muslim Lifestyle Tips

Inilah Pola Makan Sehat Ketika Berpuasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Seorang dokter yang bernama Dr. Adib Rizvi, yang memikiki spesialis  Ginjal, menganjurkan agar umat muslim dapat  menghindari minuman soft drink, terlebih lagi yang dingin pada saat bulan Ramadhan. Hal ini tentu saja beralasan.

Menurut penurutannya, seusai berpuasa seharian, ginjal menjadj kekeringan, dan dan dapat stop apabila meminum air dingin ini. Semua minuman soft drink lebih baik dihindarkan, dan lebih baik diganti dengan minum jus buah-buahan segar.

Terdapat pesan dan tips dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam)

Dari penuturan dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips agar dapat menjalani puasa dengan lancar.

Tips ini khususnya berlaku untuk orang lanjut usia. Tetapi  juga berlaku untuk semua kalangan.

● Ketika sahur usahakan untuk tidak berlebihan dalam minum teh dan kopi. Karena kedua minuman itu dapat membuat metabolisme berjalan cepat. Hal itu dapat mengakibatkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

● Sangat disarankan untuk memakan makanan yang lambat dicerna serta kaya akan  serat. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

● Ketika berbuka puasa disarankan untuk memakan kurma karena di dalamnya terdapat gula serat, karbohidrat, kalium serta magnesium. Hal itu akan menyebabkan nutrisi tubuh yang hilang pada saat  puasa perlahan dipenuhi.

webinar umroh.com

● Memakan pisang ketika berbuka amat bagus untuk tubuh kita. Karena pisang adalah sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

● Jangan terlalu banyak memakan gorengan ketika berbuka, sebab bisa meningkatkan sel-sel lemak pada tubuh. Hal ini disebabkan seorang yang telah lanjut usia cenderung mempunyai keluhan penyakit yang disebabkan lemak. Contohnya jantung, cc koroner dan hipertensi.

● Jangan berlebihan mengkonsimsi makanan atau minukan yang lebih cepat dicerna seperti gula. Karena dapat mendatangkan rasa haus dengan cepat Pasar saat  berpuasa.

● Minumlah air serta jus buah setelah berbuka puasa dan sebelum tidur.  Karena dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh agar dapat memperlancar kegiatan pada keesokan hari .

● Jangan berlebihan mengkonsumsi es, sebab cenderung gampang mengenyangkan. Hal ini membuat asupan makanan bergizi yang lengkap akan berkurang sebab tak dapat masuk ke tubuh.