1
Travel

Pamukkale dan Kolam Cleopatra, Spot Wisata Alam di Turki yang Wajib Dikunjungi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pamukkale-Hierapolis merupakan salah satu tempat yang harus kamu kunjungi di Turki. Tempat ini merupakan reruntuhan kerajaan Romawi Kuno, dengan bukit pemandian air panas yang berwarna putih.

Panduan Menuju Pamukkale-Hierapolis

Banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di penginapan di atas Hierapolis. Alasannya, mereka bisa memasuki kompleks wisata ini dari atas, sehingga tidak harus mendaki dari bawah. Tiket masuk ke kawasan Hierapolis ini adalah sebesar 35 Lira. Jika wisatawan datang dengan mobil, maka biaya parkir di sana adalah sebesar 5 Lira.

Setelah memarkir kendaraan di lahan parkir atas, sebuah mini-bus akan langsung mengantar wisatawan menuju pemandian air panas Pamukkale. Untuk menggunakan mini bus ini, pengunjung hanya diharuskan membayar 1 Lira.

Pamukkale, Pemandian Air Panas di ‘Benteng Kapas’

Pemandian Pamukkale, yang artinya Benteng Kapas ini memang berbentuk tumpukan teras putih yang memiliki kolam air panas di setiap tingkat. Teras ini terbentuk secara alami dari kandungan kalsium yang tinggi di tebingnya. Pamukkale adalah salah satu spot wisata yang populer di Turki.

Air Hangat yang Populer dengan Sebutan ‘Champagne Water’

Pamukkale juga terkenal dengan “Champagne Water”. Air panas dari sumber alami ini memiliki gelembung-gelembung kecil yang dilepaskan oleh mineral-mineral di dalamnya. Kita bisa melihat gelembung-gelembung itu bahkan saat berenang di kolam alami di teras Pamukkale. Suhu air di Pamukkale sekitar 36 derajat Celcius.

webinar umroh.com

Kolam Cleopatra, di Dalam Kawasan Pamukkale

Di dalam kompleks pemandian air panas Pamukkale ini, ada kolam Cleopatra. Untuk memasuki kolam Cleopatra, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar 33 Lira per orang. Ditambah dengan 5 Lira jika kita ingin menyewa loker. Walaupun harus membayar biaya tambahan untuk masuk ke kolam ini, pengunjung dijamin tidak akan menyesal dengan keindahan di dalamnya.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk membawa bekal untuk datang ke sini. Kita akan merasa lapar, namun makanan yang disediakan di cafe di dalamnya tidak direkomendasikan.

Hadiah dari Marc Anthony kepada Cleopatra

Kolam Cleopatra juga sering disebut dengan Kolam Antik Pamukkale. Kolam ini konon sengaja dibuat sebagai hadiah oleh Marc Anthony, seorang petinggi kerajaan Romawi Kuno,  kepada Cleopatra, Ratu Mesir yang dikenal dengan kecantikannya.

Dahulu Dibangun Megah dengan Pilar-Pilar Doric Khas Romawi

Konon, zaman dahulu kolam ini mirip kuil Romawi dengan atap berukir dan pilar-pilar Doric. Sayangnya, terjadi gempa di Abad ke-7 yang mengakibatkan bangunan di sekitarnya runtuh. Pilar Doric yang besar dan terbuat dari marmer tumbang hingga ke dasar kolam. Kita masih bisa melihat bekas reruntuhan itu di kolam Cleopatra saat ini. Para pengunjung bahkan bisa berenang di antara reruntuhan pilar itu.

Kolam Jernih Kehijauan yang Indah

Pengunjung akan menikmati jernihnya kolam Cleopatra. Kejernihan kolam ini tampak dari airnya berwarna biru kehijauan, dan tampak biasan-biasan sinar matahari di dasar kolamnya. Berfoto dengan latar belakang kolam Cleopatra ini bisa menghasilkan gambar yang Instagram-able, lho.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi kolam Cleopatra adalah sebelum 11.30 siang waktu setempat. Jika ingin menikmati matahari terbenam di kolam ini, kita bisa datang setelah pukul 04.30 sore waktu setempat. Saat matahari terbenam, kita bisa melihat sekumpulan kelelawar yang terbang saat matahari terbenam.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.