1
News

4 Aplikasi Ini Membantumu Beribadah Lebih Banyak di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Beribadah di Bulan Ramadhan akan membuat kita mendapat pahala yang berlipat ganda. Karena itulah banyak orang yang berlomba-lomba untuk fokus beribadah.

Beribadah akan lebih menyenangkan jika ada aplikasi yang membantu. Aplikasi yang terpasang di smartphone ini, akan selalu berdekatan dengan kita, sehingga memudahkan kita untuk mengakses informasi dan mengingat amalan atau ibadah. Daripada sibuk dengan aplikasi yang tidak bermanfaat, yuk install 4 aplikasi untuk membantu beribadah lebih banyak ini.

  1. Al Quran Indonesia

Aplikasi ini berisi Al Quran dengan terjemah Bahasa Indonesia. Bukan hanya itu, kita juga bisa mengakses MP3 murottal Al Qur’an di tiap surat. Kita bisa tetap mendengarkan Al Qur’an sambil melakukan kegiatan di Bulan Ramadhan.

Al Qur’an Indonesia juga dilengkapi dengan huruf yang berwarna. Warna tersebut untuk menunjukkan tajwid serta penanda bacaan. Ada juga fitur yang memungkinkan pengguna membagikan ayat-ayat yang dibaca. Kita bisa membagikan ayat beserta terjemah yang baru saja dibaca ke media sosial. Siapa tahu ada kerabat yang melihat dan ikut membaca ayat Al Qur’an yang kita bagikan. Insya Allah kita juga mendapat pahalanya, bukan.

Selain itu, ada juga fitur jadwal sholat, serta penunjuk arah kiblat. Komplit, ya.

  1. Hafalan Quran

Apakah kamu punya target menghafalkan Al Qur’an di bulan Ramadhan? Jika jawabannya “iya”, maka kamu patut mencoba aplikasi Hafalan Quran. Hafalan Quran aplikasi yang membantu kita menghafalkan Al Qur’an, namun dikemas dalam bentuk game. Seru, ya.

Ada dua cara pengguna bisa menghafalkan Al Qur’an dengan aplikasi ini. Yaitu dengan mode permainan, dan mode membaca. Ada juga fitur pelafalan untuk setiap surat yang akan semakin memudahkan kita menghafal Al Qur’an.

  1. Kesan

Ramadhan adalah saat kita memperbaiki diri. Kebutuhan inilah yang mencoba difasilitasi oleh Kesan. Aplikasi kesan ini akan mengingatkan pengguna untuk senantiasa melakukan amal sholeh. Ada fitur nudging, yang akan memberikan kita notifikasi untuk beribadah dan beramal kepada pengguna.

webinar umroh.com

Setiap jam 9 pagi, Kesan akan memberikan hadist untuk dibaca oleh pengguna. Selain itu, ada fitur doa dan shalawat, kalender Hijriyah, penunjuk Arah Kiblat, serta Jadwal Sholat.

Bukan hanya itu, Kesan juga menghadirkan fitur Kitab Kuning. Kita bisa belajar mendalami agama Islam dari sumber-sumber yang terpercaya. Ada juga artikel-artikel yang memperkaya kita dengan bacaan pengembangan diri, lho. Usai Ramadhan, kita siap berubah, nih.

  1. Umma

Kalau ini, adalah aplikasi Islami yang ditargetkan kepada pengguna wanita. Di aplikasi ini, kita bisa mengakses tips dan resep masakan. Jadi, kita jadi memiliki banyak referensi untuk memasak makanan berbuka dan sahur.

Akan tetapi, siapa saja sebenarnya bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Umma terbilang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Pengguna juga bisa mengakses video tausiyah dari para Ustad. Bahkan konten-konten yang muncul bisa diatur sesuai dengan kegemaran kita.

Ada juga fitur mirip media sosial, yang memungkinkan penggunanya membagikan kegiatan saat Ramadhan. Setiap kita mengunggah postingan, pengguna akan mendapatkan poin. Poin tersebut dikumpulkan dan bisa didonasikan dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang kita pilih. Masya Allah, seru dan bermanfaat, ya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.