1
Tips

Sayang Membuang Barang dan Jadi Bertumpuk di Rumah? Lakukan 4 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setelah kita melihat banyak barang yang bertumpuk di dalam rumah, kita pun mulai merasa bahwa tiba waktunya untuk bersih-bersih. Kita harus membuang atau menyumbangkan  beberapa barang yang masih layak pakai.

Akan tetapi, saat proses bersih-bersih dimulai, ternyata ada perasaan berat untuk membuang barang-barang tersebut. Alasannya beragam, mulai dari mengira bahwa benda tersebut akan bermanfaat suatu saat nanti, hingga perasaan sentimentil yang membuat kita berat hati untuk menyingkirkannya. Apakah kamu sering merasa begitu?

Mempertahankan barang yang tidak terpakai sebetulnya akan merugikan kita. Rumah yang menjadi sempit, tidak nyaman, dan rasa stres karena tumpukan barang ternyata tidak cukup mendorong kita membuang barang yang tidak terpakai. Lakukan 4 hal di bawah ini agar kita lebih mudah membuang barang yang tidak terpakai.

  1. Pikirkan Secara Spesifik

Hal yang membuat enggan membuang barang yang tidak terpakai adalah karena kita berpikir akan menggunakannya suatu saat nanti. Kita akan terus menyimpannya dengan dalih berjaga-jaga. Padahal kita juga tidak tahu kapan dan di mana akan menggunakan barang tersebut.

Jika ini yang membuatmu enggan membuang barang yang tidak terpakai, cobalah pikirkan secara spesifik bagaimana, mengapa, dan di mana barang tersebut akan kita pakai. Dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur, kita akan lebih realistis dalam menyimpan barang-barang di rumah. Rumah kita akan terhindar dari barang-barang tidak terpakai yang menumpuk.

  1. Ikhlaskan

Enggan membuang barang yang tidak terpakai juga disebabkan karena kita merasa menyesal telah menghabiskan uang untuk membelinya kita. Teringat jumlah uang yang harus dipakai untuk menebus harga barang tersebut, dan perasaan bersalah tentu tidak dapat dihindari.

Karena itu, segera ikhlaskan uang yang telah terpakai untuk membeli barang tersebut. Toh barang tersebut tidak memberikan manfaat apapun dalam hidup kita. Malah jika dibiarkan menumpuk, barang tidak terpakai akan membuat kita jadi rugi karena mudah terkena stres.

  1. Pikirkan Orang yang Lebih Membutuhkan

Di antara barang-barang yang tidak terpakai, selalu ada barang yang sangat kita sayangi. Walaupun sudah jarang dipakai, membuang barang tersebut akan menimbulkan gejolak emosi tertentu. Kita masih merasa sayang, sehingga enggan untuk membuang barang yang tidak terpakai. Padahal disimpan pun tidak akan menambah manfaat dalam hidup kita.

webinar umroh.com

Jika hal ini kamu alami, dan memang barang tersebut masih bagus, cobalah berfikir bahwa akan ada orang lain yang membutuhkan barang tersebut. Orang tersebut akan sangat merasa terbantu dengan barang yang kita miliki saat ini. Ini akan membuat kita merasa lebih ringan karena mengetahui bahwa barang kesayangan kita akan lebih bermanfaat bagi orang lain.

  1. Simpan Fotonya

Ada barang-barang yang bernilai sentimentil buat kita. Misalnya tiket bioskop pertama kali bersama suami, botol pertama anak, atau barang-barang sentimentil lain. Barang tersebut memiliki makna yang mendalam, namun tidak lagi memiliki manfaat dalam kehidupan kita saat ini.

Menyimpan barang tersebut tentu akan membuat rumah kita menjadi semakin penuh. Manfaat yang tidak ada, serta ruangan yang semakin berantakan, justru akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Segera putuskan untuk membuang barang-barang tersebut. Jika masih merasa sayang dengan barang-barang yang bermakna tersebut, ambillah gambarnya dan simpan dalam bentuk digital. Dengan begitu, kita tidak harus merasa bersalah karena membuang barang yang bermakna bagi kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.