1
Tips

7 Tips Agar Mendapat Manfaat Sehat Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk membiasakan tubuh agar memiliki pola hidup sehat. Jika kita biasanya sembarangan makan, maka di bulan puasa, kita jadi makan lebih sedikit dan lebih teratur. Akhirnya, kita akan mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa.

Agar kita mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa, ada baiknya kita mengikuti 7 langkah di bawah ini.

  1. Usahakan Memenuhi Asupan Makanan dengan Gizi Seimbang

Penuhi asupan gizi seimbang dalam tubuh. Secara umum, bahan-bahan yang harus dikonsumsi oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, serta mineral. Pastikan gizi tersebut ada dalam makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan sahur.

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur untuk Mencegah Konstipasi

Saat berpuasa, asupan cairan biasanya akan berkurang. Cairan yang kita konsumsi ini sebenarnya juga berpengaruh untuk melancarkan pencernaan. Karena itu, selain memperbanyak minum saat berbuka atau sahur, sangat disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain memberikan asupan mineral dan vitamin, sayur dan buah juga bisa melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

  1. Kontrol Porsi Makan

Saat berbuka, perut yang lapar bisa membuat kita makan tanpa terkendali. Berbuka dengan sirup, lalu melahap gorengan, kemudian mengisi piring penuh dengan nasi dan lauk pauk. Saat sahur, beberapa orang takut kelaparan sehingga mengisi perutnya dengan lebih banyak makanan.

Padahal, salah satu tujuan puasa adalah mengistirahatkan sistem pencernaan, sehingga bisa berfungsi dengan lebih baik. Karena itu, sangat dianjurkan untuk mengontrol porsi makan saat berbuka dan sahur. Makanlah makanan yang mengandung gizi seimbang, dan pastikan tidak melebihi satu porsi dalam sekali makan.

Sangat dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil, namun dengan frekuensi lebih banyak. Dibandingkan melahap makanan dalam porsi besar untuk sekali makan.

  1. Penuhi Asupan Cairan

Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi, walaupun kita tidak boleh minum selama kurang lebih 13 jam. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi 8 gelas air di antara waktu berbuka dan sahur.

webinar umroh.com
  1. Batasi Makanan Pedas dan Gorengan

Makanan pedas dan gorengan bisa memicu naiknya asam lambung. Padahal sebelumnya, kita harus menahan makan dan minum dari subuh hingga maghrib, yang menyebabkan lambung juga mengeluarkan asam. Konsumsi makanan pedas dan gorengan saat berbuka akan menambah jumlah asam lambung.

Agar kita bebas dari penyakit lambung dan masalah pencernaan lain,  batasi konsumsi makanan pedas dan gorengan. Usahakan tidak berlebihan menyantapnya saat berbuka dan sahur.

  1. Batasi Jumlah Garam

Asupan garam yang berlebihan bisa membuat kita merasa lebih cepat haus. konsumsi garam berlebih dalam tubuh akan mengikat cairan tubuh sehingga kita merasa mudah haus. Karena itu, hindari makan makanan yang terlalu asin, snack kemasan, atau makanan cepat saji.

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein dalam kopi bersifat stimulan, sehingga mengakibatkan banyak cairan tubuh keluar. Ini akan membuat kita jadi lebih mudah dehidrasi. Kurangi konsumsi kopi sebisa mungkin. Jika biasanya konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir dengan sehari, maka kurangi hingga secangkir dalam sehari.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.