1
Motivasi Muslim Lifestyle

Konversi Refleksi Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Empat tahun lalu, saya memutuskan untuk menjadi Muslim karena saya suka bagaimana Islam menciptakan hubungan langsung antara seorang individu dan Allah. Sebelum saya bertobat, komunitas agama tampak terlalu terlibat. Saya merasa bahwa untuk dapat diterima oleh Allah, saya perlu menunjukkan religiositas saya secara terbuka dan jika saya tidak diterima oleh jemaat saya, saya tidak akan diterima oleh Allah. Iman saya selalu dipertanyakan. Dalam Islam, tanggung jawab diletakkan langsung pada individu. Hubungan dengan Allah bersifat langsung dan tidak ada perantara lain yang hidup. Pengakuan saya akan rahasia terdalam saya tidak perlu melalui manusia pertama untuk pengampunan; dalam Islam, kita memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri – 5 kali sehari. Saya juga sangat menikmati rasa kebersamaan. Ketika Anda seorang Muslim, Anda adalah saudara lelaki atau perempuan seseorang tanpa memandang gelar atau keyakinan. Islam mempromosikan persatuan di antara umatnya dan persatuan di antara individu-individu lain yang dianggap sebagai orang-orang dalam buku ini. Islam mempromosikan cinta dan kedamaian kepada SEMUA orang, BUKAN hanya mereka yang Muslim.

Menjadi Muslim telah menjadikan saya manusia yang lebih baik. Saya menjadi lebih selaras dengan perasaan komunitas yang dibutuhkan untuk menjadi warga negara yang lebih baik dan tetangga bagi sesama saya. Menjadi Muslim memberi Anda seperangkat cita-cita kolektif yang kuat, yang sangat penting untuk dimiliki dalam masyarakat individualistis yang terus berkembang ini. Saya melihat bahwa tugas saya untuk menggunakan cita-cita ini bahwa Islam mengajarkan saya dan menyebarkannya untuk membangun komunitas dan hubungan yang kuat.

Ramadan membantu menciptakan dan memperkuat ikatan komunitas. Ramadan adalah bulan ibadah, perbaikan diri, dan pencerahan. Anda tidak harus menjadi Muslim untuk berpuasa. Berpuasa memberi Anda perspektif dan empati terlepas dari keyakinan agama Anda. Juga, hanya karena Anda bukan Muslim, tidak berarti Anda bukan saudara lelaki dan perempuan kami juga. Kami mencintaimu sama seperti jika Anda adalah saudara kami yang sebenarnya.

Pengalaman Ramadhan pertama saya SANGAT kering, tetapi sangat mencerahkan. Saya akan mengatakan bahwa puasa melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Ramadhan pertamaku benar-benar menunjukkan betapa diberkatinya aku. Fakta bahwa saya bisa bersemangat untuk berbuka puasa di akhir hari dan benar-benar menghabiskan banyak waktu untuk memutuskan antara makanan apa yang ingin saya masak, sementara yang lain tidak punya pilihan, adalah berkah dalam dirinya sendiri. Ramadhan pertama saya juga benar-benar menunjukkan kepada saya berapa banyak waktu yang saya miliki dalam sehari. Ketika seseorang tidak terus-menerus makan, minum, atau mengalihkan perhatiannya dengan hal-hal kasar dalam hidup, kita akhirnya punya waktu untuk duduk dan merenung. Saya menggunakan pengalaman Ramadhan pertama saya sebagai waktu untuk merenungkan hidup dan tujuan saya. Ramadhan memberi saya waktu yang diperlukan untuk introspeksi. Biasanya, kita terlalu sibuk dengan kehidupan sehingga kita melupakan diri sendiri dan Allah. Saya menyadari hal itu, dan sekarang saya melakukan upaya sadar untuk tidak lagi membuat kesalahan dengan memprioritaskan kasar dari hal-hal penting dalam hidup.

Saran saya kepada mereka yang baru bertobat adalah menggunakan waktu ini untuk berlatih sholat. Ini pada dasarnya adalah bulan yang didedikasikan untuk sholat dan perbaikan diri Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk Anda. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Ramadan benar-benar menunjukkan kepada Anda berapa banyak waktu yang Anda miliki pada hari itu, dan waktu itu harus didedikasikan untuk melakukan sholat dan menetapkan apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan diri Anda seorang Muslim yang lebih baik. Juga, nasihat yang sangat penting yang saya pelajari kemudian di tahun-tahun saya, makan makanan sebelum matahari terbit (suḥūr) membuat perbedaan besar dalam hari Anda. Tidur itu indah, tetapi sadarilah berkat bahwa Anda memiliki kemampuan untuk benar-benar bangun untuk kesempatan menikmati suḥūr. Bersyukurlah dan terlibat dalam berkat yang diberikan kepada Anda oleh Allah.

Bagi mereka yang bertobat sejak lama, atau yang lahir dalam keluarga Muslim, saya sarankan agar mereka melakukan upaya sadar untuk membantu dan mengajar para petobat baru tentang Ramadhan. Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi kami. Saya diberkati dengan keluarga yang sangat pengertian yang tidak keberatan saya tidak makan malam bersama mereka atau mereka bahkan menunggu sampai saya bisa makan untuk mereka duduk bersama saya. Banyak orang tidak seberuntung itu. Tolong, jika Anda memiliki kesempatan untuk makan bersama mereka, lakukanlah. Beberapa Ramadhan pertama mengatur nada dan tempo untuk Ramadhan mendatang. Bagikan cinta, kehangatan, dan rasa kebersamaan dengan mereka. Hal lain, tolong bantu mereka belajar cara sholat. Saya memiliki pengalaman yang buruk di mana saya benar-benar dihukum karena sholat dengan tidak benar, meskipun mereka tahu saya adalah orang yang insaf. Itu sangat sulit karena saya merasa bahwa jika saya tidak sholat dengan benar, puasa saya tidak akan berarti apa-apa. Jangkau sesama rekan Anda, tanyakan kepada mereka apakah mereka membutuhkan bantuan sholat, dan tawarkan sumber daya apa pun yang mungkin Anda ketahui. Pikirkan seorang mualaf sebagai adik lelaki atau perempuan Anda, mereka baru mengenal Islam dan sedang berusaha. Adalah semua tugas kita untuk memastikan keberhasilan saudara dan saudari kita.

Saya segera menjadi 4 tahun yang insaf. Saya masih kesulitan sholat (sebagian besar kendala bahasa) dan saya masih belajar. Alasan saya mengatakan hal ini kepada Anda adalah karena menjadi Muslim selalu tentang belajar bagaimana terus memperbaiki diri sendiri. Saya tidak sempurna, saya juga tidak akan pernah sempurna. Namun, saya akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik yang saya bisa. Saya bukan petobat bintang 5 yang memiliki semuanya, tetapi seseorang yang masih menemukan potongan-potongannya. Menjadi orang yang insaf itu sulit dan Anda tidak harus memiliki semuanya dipikirkan di sini dan sekarang, tetapi itu menjadi lebih mudah dan kasih Allah terus membuatnya lebih mudah. Seperti yang pernah dikatakan seorang teman baik kepada saya “jika kamu terus menunggu sampai kamu siap, kamu tidak akan pernah siap”. Jadi meskipun saya tidak 100% diberkati sebagai seorang Muslim, saya tetap mengambil kesempatan itu dan itu telah menjadi berkah sejak itu.