1
Muslim Lifestyle

8 Langkah Mengkhatamkan Al Qur’an di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Di bulan Ramadhan, kita diperintahkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah membaca Al Qur’an. Dalam Al Qur’an, terdapat petunjuk petunjuk Allah untuk mendapat kebaikan di dunia dan akhirat.

Banyak orang yang ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan. Kondisi berpuasa membuat kita lebih jernih dalam berpikir, sehingga segala petunjuk yang ada dalam Al Qur’an bisa lebih mudah dicerna. Inilah yang membuat banyak orang ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, di bulan turunnya Al Qur’an ini.

Jika kamu juga ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, lakukan 8 langkah di bawah ini.

  1. Bulatkan Niat

Niat yang kuat bisa membantu kita mencapai apa yang kita inginkan. Jika kita memang ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, sebaiknya bulatkan niat tersebut. Niatkan untuk mencari ridha Allah. Pastikan tidak ada unsur riya dan rasa sombong untuk mencapai tujuan ini.

  1. Berdoa kepada Allah

Tidak ada tujuan yang bisa dicapai tanpa izin Allah SWT. Ketika kita ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, berdoalah terlebih dahulu kepada Allah SWT. Dengan bantuan dan izin Allah, kita akan mendapat kekuatan untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Rencanakan

Tujuan besarakan lebih mudah dicapai ketika kita memecahnya menjadi tujuan-tujuan kecil. Buatlah perencanaan membaca Al Qur’an dalam sehari. Misalnya jika kita ingin mengkhatamkan  Al Quran di bulan Ramadhan sebanyak 30 juz, maka bagilah 30 juz tersebut menjadi 30 hari. Berarti kita harus menyelesaikan 1 juz dalam satu hari.

  1. Jangan Overwhelmed

Tiba-tiba harus membaca Al Qur’an sebanyak 1 juz dalam sehari bukan hal yang mudah. Bisa jadi kita akan merasa bahwa tujuan tersebut berlebihan, dan akhirnya membuat kita overwhelmed. Jika dirimu merasa kewalahan atau overwhelmed, yakinlah bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai. Jika kita melihat lebih jernih, sebenarnya satu juz dalam sehari masih bisa kita pecah lagi dalam waktu 24 jam.

  1. Manfaatkan Waktu di Sela-Sela Kegiatan

Dalam sehari, kita bisa memanfaatkan waktu di sela-sela kegiatan untuk membaca Al Qur’an. Agar target mengkhatamkan  Al Quran di bulan Ramadhan tercapai, bacalah Al Qur’an saat ada waktu luang. Misalnya setelah Subuh, sehabis shalat fardu dan shalat sunnah, atau di sela-sela kegiatan. Contohnya ketika kita sedang menunggu orang lain, atau ketika sedang saat dalam bekerja. Sedikit demi sedikit  kita bisa mencapai target 1 jus dalam sehari  dan mengkhatamkan  Al Quran di bulan Ramadhan.

webinar umroh.com
  1. Pahami Al Qur’an

Di samping banyak membaca dan mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, usahakan juga memahami isi Al Qur’an. Baca juga terjemahan dari ayat-ayat yang telah kita baca. Atau kita bisa mendengar tadabbur Al Qur’an dari ustad-ustad yang dipercaya.

  1. Temukan Partner yang Bisa Membuatmu Lebih Bersemangat

Mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan memang bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti mustahil untuk dicapai. Agar perjalanan mengkhatamkan Al Qur’an terasa lebih menyenangkan, carilah partner yang bisa membuatmu lebih bersemangat. Misalnya sahabat, saudara, atau pasangan.

Dengan adanya partner, kita memiliki teman untuk saling bertanya, saling memotivasi, atau mengkaji bersama isi Al Qur’an yang telah dibaca. Kita jadi merasa lebih ringan ketika menghadapkan Al Qur’an.

  1. Tetaplah Konsisten dan Istiqomah

Akan ada banyak godaan dalam perjalanan mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan. Misalnya kegiatan yang semakin padat, atau rasa lelah dan haus. Ketika ini terjadi, segera ucapkan ta’awudz dan ingatlah untuk tetap konsisten dan istiqomah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.