1
Motivasi Muslim Lifestyle

Lebih Sulit Menuju Neraka

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kembali ke sekolah menengah, guru Quran saya berpendapat bahwa lebih sulit untuk berakhir di Neraka daripada di Surga. Kelas saya yang berusia enam belas tahun tidak langsung setuju dengannya. Seringkali, Islam digambarkan sebagai daftar dosa dan yang tidak boleh dilakukan. Banyak peraturan dan banyak hal yang tidak diizinkan, jadi sungguh, bisakah kita disalahkan atas ketidaksetujuan kita?

Tetapi guru saya menyampaikan kasusnya. Dia menyebutkan belas kasihan Allah lebih besar daripada murka-Nya, dan bagaimana fakta itu jelas dibuktikan dengan berbagai kesempatan pengampunan yang Dia berikan kepada kita. Dosa dihapuskan antara wudhu dan sholat. Selain itu, dia menjelaskan bagaimana tindakan kita tidak selalu dihargai atau dihukum dengan rasio satu banding satu.

Ini lebih disorot dalam Hadis Nabi lainnya (semoga damai dan berkah Allah besertanya), di mana ia berbagi cerita tentang seorang pria yang membunuh sembilan puluh sembilan orang. Pria itu pergi ke seorang bhikkhu dan bertanya apakah ada harapan agar pertobatannya diterima oleh Allah, dan bhikkhu itu mengatakan tidak. Pria itu kemudian membunuhnya dengan total seratus korban. Dia pergi keluar dari zona nyamannya sekali lagi untuk mencari bantuan, menyadari bahwa dia tidak bisa berangkat ke jalan yang benar sendirian. Dia bertemu seorang sarjana, menanyakan pertanyaan yang sama, dan menerima jawaban yang meyakinkan.

Kita harus mengerti bahwa pria itu sendiri sangat tulus tentang pertobatannya. Di luar, dia adalah seorang pembunuh jahat, tetapi di dalam hatinya, dia merasa mengerikan dan ingin berubah. Dia tidak tahu caranya. Itu sebabnya dia perlu mencari bantuan dari ulama.

Ulama itu melihat ketulusan pria itu dan menasihatinya untuk meninggalkan tanah kelahirannya di mana ia terhalang oleh masa lalunya dan melakukan perjalanan ke tempat di mana orang-orangnya benar. Hampir tidak menyelesaikan setengah jarak ke tempat baru ini, pria itu meninggal. Hadis berlanjut:

“Malaikat belas kasihan memohon, ‘Orang ini datang dengan hati yang bertobat kepada Allah,’ dan para malaikat hukuman berargumen, ‘Dia tidak pernah melakukan perbuatan baik dalam hidupnya.’ Kemudian muncul malaikat lain dalam wujud manusia. makhluk dan malaikat yang berselisih setuju untuk menjadikannya wasit di antara mereka. Dia berkata, ‘Ukur jarak antara kedua negeri. Dia akan dianggap milik tanah yang dekat dengannya. ‘Mereka mengukur dan menemukan dia lebih dekat ke tanah (tanah kesalehan) di mana dia bermaksud untuk pergi, sehingga para malaikat belas kasihan mengumpulkan jiwanya. “(Bukhari)

Versi lain dari Hadits ini menyatakan bahwa Allah sebenarnya memerintahkan tanah dari titik awal untuk menjauh dan tujuan untuk bergerak lebih dekat. Hanya setelah perintah ini, jarak diukur untuk menemukan pria itu lebih dekat ke tujuannya dengan handspan yang menghasilkan pengampunan.
Ketika berbagi Hadis ini, salah satu guru saya mengatakan tidak ada dari kita yang membunuh seratus orang, jadi bagaimana mungkin kita juga tidak menerima rahmat Allah? Mungkin ada dosa yang telah kita lakukan seratus kali — narkoba, kebohongan, pornografi, minat, apa pun — dan kita merasa putus asa dan terikat Neraka setelahnya. Jika ada pergumulan yang tidak bisa Anda atasi sendiri, ingatlah ada orang yang bisa membantu. Carilah tokoh-tokoh agama yang seperti ulama, memberi harapan dan cahaya baru. Bahkan jika Anda bertemu dengan orang seperti bhikkhu di sepanjang jalan, ketahuilah bahwa penghakiman seperti itu bukanlah hak seseorang untuk memberi.

Allah berfirman dalam Alqurannya, “Katakan,‘ Wahai hamba-hamba-Ku yang telah melampaui batas terhadap diri mereka sendiri [dengan berbuat dosa], jangan putus asa dengan rahmat Allah. Sungguh, Allah mengampuni semua dosa. Sungguh, Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ”

webinar umroh.com