1
Tips

Catat! Saat Sahur, Harus Ada 4 Bahan Makanan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sahur adalah rutinitas yang akan dilakukan muslim yang berpuasa. Sahur, yang merupakan sunnah Rasulullah ini adalah aktivitas penting agar puasa kita bisa berjalan lancar. Jika kita tidak sahur, puasa akan terasa lebih berat karena tubuh tidak menerima asupan makanan yang cukup.

Saat sahur, sebaiknya kita memperhatikan menu makanan yang disajikan. Sahur jangan asal kenyang, namun bukan berarti kita harus menyediakan menu makanan yang mahal. Cukup dengan memastikan 4 bahan makanan ini ada saat sahur, kita bisa lebih lancar dalam melaksanakan ibadah puasa.

  1. Karbohidrat Kompleks

Kita mengenal karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Itulah sebabnya banyak orang Indonesia yang mengandalkan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Saat sahur, cobalah untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Contoh dari karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, oat, sereal, dan kentang.

Karbohidrat kompleks baik dikonsumsi saat sahur karena butuh waktu lebih lama untuk mencernanya. Karbohidrat kompleks yang dikonsumsi saat sahur akan membuat seseorang kenyang lebih lama, serta memberi energi dalam waktu yang lebih lama.

  1. Sumber Protein

Protein merupakan nutrisi penting, terutama saat berpuasa. Tubuh memerlukan protein untuk memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Protein juga berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan protein yang cukup saat sahur akan membuat kita lebih sehat saat menjalani puasa.

Konsumsi makanan sumber protein, seperti daging, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, atau yoghurt. Usahakan jumlahnya tidak terlalu sedikit jika dibandingkan dengan porsi karbohidrat.

  1. Sayur dan Buah

Saat puasa, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral agar tetap segar dan menjaga metabolisme tubuh. Karena itu, sayur dan buah harus ada dalam menu sahur.

webinar umroh.com

Buah juga mengandung serat yang baik bagi tubuh. Serat membantu agar kita tidak mudah lapar. Selain itu, serat dalam buah dan sayur membantu agar pencernaan tetap lancar, sehingga kita tidak mengalami sembelit saat berpuasa sebulan penuh.

Sediakan buah potong atau sayur saat sahur. Kita bisa mengkonsumsi kurma yang juga kaya akan serat.

  1. Air

Asupan cairan sangat penting saat sahur. Air yang kita konsumsi berfungsi menjaga jumlah cairan, sehingga kita tidak mengalami dehidrasi yang parah saat puasa. Dehidrasi parah saat puasa bisa membuat kita pusing, lelah, hingga pingsan. Tentu kita tidak ingin puasa menjadi batal, bukan?

Konsumsi air yang cukup saat sahur. Usahakan mengkonsumsi air sebanyak dua gelas atau lebih. Hindari mengkonsumsi air berupa teh atau kopi karena keduanya bersifat diuretik, yang mendorong tubuh mengeluarkan cairan. Kita juga bisa mengkonsumsi air dalam bentuk susu, yang kaya zat-zat bermanfaat dan bermanfaat untuk menunjang puasa kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.