1
Travel

4 Pasar Tradisional di Istanbul Ini Wajib Dikunjungi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berwisata ke suatu wilayah kurang lengkap tanpa mengunjungi pasar tradisionalnya. Termasuk ketika berkunjung ke Turki, kita harus mencoba untuk mengunjungi pasar tradisional di sana.

Di Istanbul, ada lebih dari 200 pasar yang tersebar di penjuru kota. Pasar tradisional itu menyajikan beragam nuansa dari kebudayaan Turki. Seperti pasar tradisional pada umumnya, pasar tradisional di Turki juga padat pengunjung namun menjual barang yang murah dengan kualitas bersaing.

  1. Pasar Besar atau Kapalıçarşı

Pasar besar atau Bazar besar ini bernama Kapalıçarşı atau ‘Bazar Tertutup’. Tempat ini juga biasa dikenal dengan nama Grand Bazaar Turkey. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Grand Bazaar atau Kapalıçarşı ini terletak di dekat Museum Hagia Sophia dan Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque. Keduanya merupakan landmark Turki, sehingga tidak heran banyak wisatawan yang mampir untuk membeli souvenir.

Di Grand Bazaar atau Kapalıçarşı ini, kita bisa menemukan beragam souvenir, mulai dari lampu-lampu cantik, scarf, pakaian tradisional, dan sebagainya. Ada juga restoran-restoran dan kedai-kedai yang menjual makanan dan minuman khas seperti kopi dan teh khas Turki.

Barang-barang di Kapalıçarşı ini bisa ditawar, jadi cobalah menawar untuk mendapatkan harga terbaik, ya.

  1. Pasar Mesir atau Mısır Çarşısı

Mısır Çarşısı ini juga banyak dikenal dengan pasar bumbu rempah-rempah (spice market). Tempat ini menjual beragam rempah-rempah kering yang bisa dibawa pulang. Kita bisa melihat berbagai macam bubuk dengan beragam aroma yang dipajang oleh pedagang di penjuru pasar. Mulai dari jintan, kapulaga, saffron, ketumbar, semua ada di sini. Wisatawan yang ingin memasak hidangan Timur Tengah yang khas banyak mengunjungi pasar Mısır Çarşısı ini.

Pasar Mısır Çarşısı terletak di kawasan kota tua Istanbul, dekat dengan selat Bosphorus dan New Mosque. Bukan hanya rempah-rempah yang dijual di pasar ini. Ada juga yang menjual teh tradisional, keju, zaitun, Turkish delight, dan berbagai souvenir. Tidak heran banyak wisatawan yang juga menjadikan pasar Mısır Çarşısı menjadi salah satu tujuan mereka.

webinar umroh.com
  1. Cuma Pazari atau Fındıkzade Cuma Pazarı

Pasar ini adalah salah satu pasar lokal yang ramai dikunjungi. Fındıkzade Cuma Pazarı ini buka di hari Jumat, dan terletak di distrik Fındıkzade. Beragam barang dijual di sini. Mulai dari pakaian untuk segala usia dan suasana, perhiasan, perabot rumah tangga, hingga sayuran dan buah-buahan. Selain wisatawan, warga lokal juga banyak yang menyerbu Fındıkzade Cuma Pazarı ketika dibuka.

  1. Pasar Kadıköy atau Kadıköy Market

Pasar Kadıköy terletak di sisi Asia kota Istanbul. Pasar ini hanya buka di hari Selasa dan Jumat, jadi catat dengan baik ketika akan berkunjung ke pasar ini.

Kadıköy Market menjual berbagai macam aksesoris dan pakaian yang antik. Ada juga yang menjual buah dan sayuran segar.

Kita bisa datang ke pasar ini dengan terlebih dahulu menaiki ferry dari sisi Eropa Istanbul. Kemudian, kita harus naik Metro ke Metrobus Ünalan menuju stasiun Uzunçayır.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.