1
Kuliner

Sahur Praktis, Ini Cara Membuat Telur Orak-Arik Ala Resto

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Telur adalah salah satu menu sahur favorit di beberapa keluarga. Telur yang penuh nutrisi, serta cara penyajian yang sederhana, membuatnya menjadi pilihan mudah ketika tidak memiliki hidangan untuk santap sahur.

Salah satu menu yang bisa kita buat untuk santap sahur adalah telur orak-arik. Agar santap sahur terasa lebih istimewa, yuk kita buat telur orak-arik ala restoran yang lembut dan tampak menggugah selera. Di bawah ini, adalah 7 langkah untuk membuat telur orak-arik ala restoran yang lezat.

Gunakan Penggorengan Anti Lengket

Saat membuat telur orak-arik, kita akan sering mengaduk-aduk telur yang sedang dipanaskan di atas penggorengan. Untuk menghasilkan telur yang lembut dan tidak gosong, kita disarankan untuk menggunakan penggorengan anti lengket. Dengan menggunakan penggorengan anti lengket, telur orak-arik yang kita masak bisa lebih lembut dan menggumpal dengan cantik.

Panaskan dengan Api Kecil

Membuat telur orak-arik yang menggugah selera seperti di restoran memang memerlukan kesabaran. Sangat disarankan untuk memasaknya di atas api yang kecil, namun dengan penggorengan yang cukup panas. Caranya adalah dengan memastikan api menyala kecil saat membuat telur orak-arik. Api yang besar bisa membuat telur menjadi overcook dan teksturnya kurang lembut.

Kocok Telur Hingga Berbuih

Untuk menghasilkan telur orak-arik ala restoran, kita perlu memastikan untuk mengocok telur hingga berbuih. Jika dikocok hanya beberapa kali, kuning telur dan putih telur hanya akan bercampur, namun tidak akan menghasilkan buih. Kocok telur dengan kuat selama beberapa kali, hingga kita melihat gelembung-gelembung kecil di atas telur yang telah dikocok.

webinar umroh.com

Campurkan Susu

Kunci agar telur orak-arik lembut seperti di restoran adalah dengan menambahkan cairan ke dalam telur yang telah dikocok. Agar lebih gurih, memasukkan cairan berupa susu ke dalam telur yang telah dikocok. Lalu kocok kembali hingga tercampur rata.

Tambahkan Garam dan Merica

Garam dan merica bisa ditambahkan ketika telur telah masuk ke penggorengan, atau setelah telur dikocok. Masukan garam dan merica secukupnya untuk memberi rasa. Jangan berlebihan sampai telur terasa keasinan atau terlalu pedas.

Aduk Sesekali

Ketika penggorengan telah panas, masukkan telur yang telah dikocok, lalu diamkan sejenak. Ketika bagian bawah mulai padat, aduk beberapa kali, lalu diamkan lagi sejenak. Setelah melihat bagian bawah telur menjadi padat lagi, aduk beberapa kali.

Menunggu beberapa saat sebelum telur kembali diaduk akan membuat tekstur telur orak-arik menjadi menggumpal cantik seperti di restoran. Jika kita terlalu bersemangat mengaduknya, maka kita akan menghasilkan telur orak-arik yang terlalu lembut dan kurang nikmat saat disantap.

Tambahkan Bahan Makanan yang Kamu Suka

Agar cita rasa telur orak-arik semakin spesial, kita bisa menambahkan beberapa bahan makanan tambahan, seperti daun-daun, irisan sosis, atau smoked beef. Pastikan semua bahan dicincang halus dan rapi agar tidak mempengaruhi tekstur telur orak-arik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.