1
Motivasi

Tak Ada Kata Terlambat, Ini 7 Cara Investasi pada Diri Sendiri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

‘Berinvestasi pada diri sendiri’ merupakan salah satu nasehat yang diberikan oleh orang-orang sukses. Maksud dari berinvestasi untuk diri sendiri adalah usaha untuk menambah nilai pada diri sendiri. Dengan berinvestasi pada diri sendiri, kita akan menjadi orang yang lebih bernilai : lebih cerdas, lebih berilmu, serta memiliki keahlian yang lebih. Dengan nilai yang bertambah pada diri sendiri, kita juga bisa membantu orang lain untuk meningkatkan nilainya.

Warren Buffett menyatakan, bahwa investasi terbaik adalah investasi untuk diri sendiri. Dengan berinvestasi untuk diri sendiri, kita telah mengusahakan pertambahan nilai pada sesuatu yang tidak akan hilang dari diri kita. Harta atau benda bisa habis atau dicuri. Orang lain bisa datang dan pergi. Sementara diri kita sendiri akan selalu ada dan bisa kita gunakan untuk berjuang mencapai kesuksesan.

Berikut adalah cara-cara untuk investasi pada diri sendiri.

Belajar Mengatur Waktu

Waktu adalah hal paling berharga yang bisa kita miliki. Dengan belajar mengatur waktu, kita bisa menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat, dibanding harus menggunakannya untuk hal-hal yang tidak produktif.

Travelling

Travelling atau jalan-jalan bukanlah hal untuk foya-foya semata. Jika kita benar-benar memanfaatkan travelling sebagai ajang untuk belajar dan mengembangkan wawasan, kita bisa mendapat banyak manfaat. Dengan travelling, kita akan mendapat inspirasi baru, menambah jaringan, mencoba hal baru, dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Bijak Memilih Teman

webinar umroh.com

Karakter dan kepribadian kita akan terpengaruh dari orang-orang yang ada di sekeliling. Karena itu, pastikan teman yang kita pilih adalah orang yang positif, bahagia, produktif, dan memiliki passion di bidang masing-masing. Bertemu dengan orang-orang seperti itu akan membuat kita lebih bersemangat dalam hidup.

Belajar Hal Baru

Menyisihkan waktu dan tenaga untuk mempelajari hal baru akan menambah kemampuan dan keahlian kita. Mempelajari hal baru bisa dilakukan dengan mengikuti kursus online, atau hadir dalam komunitas-komunitas hobi. Membaca buku juga merupakan salah satu cara untuk mempelajari hal-hal yang baru.

Memulai Bisnis

Memulai bisnis adalah salah satu cara untuk berinvestasi. Dengan membuat satu langkah memulai bisnis, kita akan belajar banyak tentang cara mengembangkan bisnis dan jaringan. Setiap langkah yang diambil dalam bisnis yang kamu rintis, akan menjadi ilmu tersendiri, lho. Dengan berinvestasi dalam bentuk bisnis, kita bukan hanya akan mendapatkan tambahan pemasukan, namun juga tambahan kemampuan.

Bangun Jaringan

Jaringan adalah salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan. Semakin banyak orang yang kita kenal dan mengenal kita, serta semakin banyak orang yang kita bantu, akan memberikan efek balik yang positif kepada diri kita. Mulai dari bertambah saudara, hingga bertambah jalur rizki.

Jaga Kesehatan Tubuh

Tubuh adalah aset terpenting bagi diri kita. Tanpa tubuh yang sehat, tentu kita tidak akan bisa melakukan hal yang produktif. Karena itu, usahakan selalu memenuhi asupan makanan yang bergizi, tidak mengkonsumsi makanan yang merusak tubuh, serta istirahat yang cukup. Rutin berolahraga juga bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.