1
Tips

6 Cara Agar Tidak Mengantuk Setelah Sahur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tidur setelah sahur bisa berakibat buruk bagi kita. Makanan yang disantap setelah sahur akan sulit untuk dicerna ketika kita tidur lagi. Inilah yang membuat perut menjadi buncit. Tubuh yang tidur akan menghemat energi untuk mencerna makanan, sehingga makanan akan disimpan dan tidak dicerna menjadi energi. Ini juga yang menyebabkan tubuh cenderung lemas jika kita memutuskan untuk tidur setelah sahur.

Bagi yang terbiasa tidur setelah sahur, mengubah kebiasaan memang bukan hal yang mudah. Namun kita bisa memakai 6 cara ini agar tidak tidur setelah sahur.

Mengakhirkan Waktu Makan Sahur

Mengakhirkan waktu makan sahur bukan hanya merupakan sunnah dari Rasulullah. Makan sahur di akhir waktu juga bisa mencegah kita tidak tidur setelah sahur. Ketika kita sahur di akhir waktu, tepat saat kita usai santap sahur, waktu subuh telah datang. Kita bisa langsung shalat subuh, sehingga kita bisa shalat tepat waktu.

Menyeimbangkan Makanan

Salah satu penyebab mengantuk setelah makan sahur adalah karena terlalu banyak karbohidrat yang kita konsumsi. Agar tidak tidur setelah sahur, usahakan menyeimbangkan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Hindari mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak, karena akan membuat pencernaan bekerja lebih berat. Efeknya kita akan mudah mengantuk.

Perbanyak asupan protein, buah, dan sayur. Bahan makanan tersebut membuat perut terisi, namun tidak membuat kita mudah mengantuk setelahnya.

Mandi Pagi

webinar umroh.com

Mata yang berat setelah sahur bisa kita siasati dengan segera mandi pagi. Ketika tubuh terkena guyuran air dingin, kita akan lebih segar dan lebih waspada. Ini akan membuat kita lupa bahwa tubuh tadinya merasa ngantuk dan ingin tidur lagi.

Segera Beraktivitas

Membiarkan badan tidak bergerak setelah sahur akan membuat kita mengantuk. Agar kita tidak tergoda untuk tidur lagi, segera cari kesibukan untuk membuat badan bergerak. Misalnya kita bisa membereskan rumah, mencuci baju, berbelanja sayur, dan sebagainya.

Jauhi Tempat Tidur

Salah satu hal yang membuat kita ingin tidur adalah karena terlalu dekat dengan tempat tidur. Apalagi jika kita terbiasa berbaring setelah sahur, kita akan lebih mudah tergoda untuk memejamkan mata. Akhirnya kita kebablasan tidur hingga matahari terbit.

Jauhi kasur setelah santap sahur. Carilah kegiatan yang membuat tubuh bergerak menjauh dari tempat tidur. Kita bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan rumah, atau pekerjaan yang harus kita lakukan di kantor.

Isi dengan Ibadah

Agar tidak mengantuk setelah sahur, cobalah untuk mengisi waktu dengan beribadah. Misalnya berdzikir, membaca Quran, atau mendengarkan tausiyah. Dengan begitu, pikiran kita jadi ‘bangun’ dan tidak tergoda untuk tidur lagi.

Akan lebih baik jika kita bisa berjalan kaki ke masjid dan ikut shalat berjamaah. Saat berjalan kaki ke masjid, kita jadi menggerakan badan dan juga menghirup udara pagi yang segar, sehingga kita tidak mengantuk.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.