1
News

Quran Best, Aplikasi Quran Terlengkap Asli Bandung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebuah aplikasi Al Qur’an digital diciptakan oleh pengembang asal Bandung. Aplikasi bernama Quran Best Indonesia ini diklaim memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap, dan memudahkan masyarakat membaca Al Qur’an di manapun dan kapanpun.

Tampilan Mirip Al Qur’an Cetak Agar Nyaman DIbaca

Founder Quran Best Indonesia, Idham Fitradhi, mengatakan bahwa aplikasi yang dibuatnya memiliki tampilan yang mirip Al Qur’an cetak. Dikutip dari Detik.com, Idham mengatakan bahwa aplikasi Quran Best ini bisa dinikmati senyaman Al Qur’an cetak. “Kami yang bergiat di percetakan Al Qur’an menyiapkan ini semudah Al Qur’an cetak”, ujar Idham.

Disambut Baik Walikota Bandung

Diciptakannya aplikasi Qur’an ini mendapat sambutan baik dari Walikota Bandung, Oded M. Danial. Pihaknya berharap agar aplikasi buatan warga Bandung ini bisa meningkatkan minat baca Qur’an bagi masyarakat kota Bandung.

Oded bahkan berharap agar para ASN bisa memanfaatkan aplikasi ini. “Aplikasinya luar biasa ini, sangat membantu buat kita. Sangat membantu umat Islam untuk lebih dekat dengan Al Qur’an”, ujar Oded kepada Detik.com.

Memuat 7 Jenis Al Qur’an Dalam Satu Aplikasi

Kelengkapan fitur juga menjadi keunggulan aplikasi Qur’an ini. Qur’an Best memiliki fitur yang lebih lengkap dari aplikasi Qur’an lainnya. Quran Best Indonesia memiliki 7 jenis Al Qur’an dalam satu aplikasi. Dengan demikian, pengguna bisa menyesuaikan penggunaan sesuai kebutuhan.

webinar umroh.com

Ada fitur Qur’an dengan tulisan Khat Indonesia. Qur;an ini bisa digunakan menggunakan tajwid dan non tajwid. Ada juga Qur’an dengan Khat Madinah, bagi pengguna yang ingin menggunakannya. Ad juga Qur’an per kata sisip baris. Fitur ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Fitur lain yang istimewa adalah Qur’an per ayat. Dari Qur’an per ayat ini, kita bisa mencari tentang shalat dan doa. Fitur ini masih dikembangkan agar bisa digunakan walaupun pengguna tidak mengetikkan kata kunci yang tidak sesuai EYD.

“Kita sedang perbaiki ingin seperti Google. Kalau misalkan sekarang pakai EYD (misal) karena terjemahan Kemenag jadi harus (mengetik) shalat, nggak boleh solat, nggak ketemu nanti. Nah kalau Google ‘kan similarnya sudah kena. Kita akan buatkan juga” jelas Idham.

Akan Dilengkapi Fitur Audio Tanpa Putus

Pengembangan lain yang sedang dilakukan adalah melengkapi Quran Best dengan fitur audio. Pengebang ingin agar penggna bisa mendengarkan tilawah Qur’an hingga 30 juz dari Qori’ terbaik. Saat ini, fitur audio di Quran Best sudah ada, dengan tujuh imam di Timur Tengah. Namun sistemnya masih per ayat, jadi pengguna akan mendapatkan bacaan yang putus per ayat.

Ke depannya, Quran Best akan dilengkapi tombol khusus audio yang memungkinkan pengguna menikmati murattal tanpa terpotong. Fitur ini juga ditujukan untuk pengguna yang tuna netra.

Fitur Tambahan yang Membantu Ibadah Pengguna

Di dalam Quran Best Indonesia ini, juga ada fitur penunjuk arah kiblat dan pengingat jadwal shalat wajib. Pengguna akan diingatkan untuk melaksanakan shalat wajib di manapun berada. Ada juga fitur bookmark ayat-ayat dengan tema-tema populer. Misalnya ayat yang berhubungan dengan rezeki, ibadah, larangan riba, dan sebagainya.

Gratis, Bisa Diunduh di PlaySTore atau Appstore

Quran Best bisa didapatkan secara gratis. Pengguna tinggal mendownload aplikasi ini melalui PlayStore atau Appstore. Pengembang berharap agar Quran best ini bisa membuat masyarakat Indonesia semakin giat membaca Al Qur’an.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.