1
Kuliner

Roz Bil Halib dan Puding Qamar Al Deen. Puding Menu Buka Puasa Asal Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berbuka puasa enaknya dengan makanan yang manis dan lembut. Jika berkunjung ke Timur Tengah, kita bisa menemukan hidangan Roz Bil Halib dan puding Qamar AL Deen untuk berbuka puasa, lho. Keduanya punya cita rasa yang berbeda, lho. Kamu pilih yang mana?

Roz Bil Halib

Roz bil halib memiliki arti beras di dalam susu. Hidangan ini merupakan puding yang terbuat dari tepung beras dan susu. Bahan tambahan yang membuatnya khas adalah air orange blossom.

Air orange blossom merupakan sirup perasa yang terbuat dari bunga pohon jeruk yang disuling. Air orange blossom ini banyak digunakan untuk hidangan Timur Tengah atau hidangan Turki lainnya.

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat Roz bil halib adalah 4 cangkir susu, 10 – 12 sendok teh gula atau sesuai selera, 1/2 cangkir beras, 2 – 4 sendok makan air orange blossom, dan Kacang pistachio cincang sebagai garnish.

Langkah pertama untuk membuat Roz Bil Halib adalah dengan mencuci bersih beras, lalu diamkan hingga kering. Setelah itu, rebus susu dengan gula dan beras selama 15 menit. Rebus sambil terus diaduk hingga beras menjadi empuk.

Ketika nasi sudah lembut, tambahkan air orange blossom dan tepung jagung. Aduk dan panaskan lagi hingga mendidih. Setelah itu kita akan mendapatkan konsistensi adonan yang lembut seperti yoghurt.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah tepung jagung yang digunakan. Jika terlalu banyak tepung jagung yang dimasukkan, maka tekstur adonan puding akan seperti jelly. Namun jika kurang, maka teksturnya akan lebih encer. Untuk mendapatkan konsistensi yang tepat, kita bisa menambahkan satu sendok makan tepung jagung jika kurang.

webinar umroh.com

Setelah kita mendapatkan tekstur yang diinginkan, matikan api, lalu angkat. Letakkan adonan puding dalam gelas atau mangkuk-mangkuk kecil. Diamkan sejenak hingga suhunya menurun, lalu taburkan kacang pistachio cincang di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas sebelum dihidangkan. Roz Bil Halib sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin.

Puding Qamar Al Deen

Qamar Al Deen adalah minuman khas Timur Tengah. Minuman berwarna oranye ini sekilas mirip jus jeruk, namun Qamar Al Deen sebenarnya terbuat dari apricot. Minuman ini terbuat dari apricot yang sudah dihaluskan lalu dikeringkan atau dikemas dalam bentuk pasta.

Minuman khas Timur Tengah ini banyak disajikan dan dijual di bulan Ramadhan, lho. Bahkan di luar Ramadhan, minuman ini hampir terlupakan dan akan kembali populer ketika bulan Ramadhan tiba. Qamar al deen biasanya dihidangkan dengan konsistensi buah yang kental dengan cita rasa yang manis. Nikmat sekali disajikan dingin untuk berbuka puasa.

Untuk membuat Qamar Al Deen, kita harus merendam pasta apricot dalam air selama semalam. Proses bisa dipercepat dengan menggunakan air hangat, lalu rendam selama 2 hingga 3 jam. Setelah pasta apricot itu mulai lunak, lalu haluskan dengan blender. Beberapa orang ada yang suka menambahkan orange blossom atau air mawar. Setelah halus dan kental, Qamar Al Deen bisa dimasukkan ke dalam kulkas untuk dihidangkan dingin ketika berbuka puasa.

Selain dihidangankan sebagai minuman, ada juga yang suka menghidangkan Qamar Al Deen sebagai puding, lho. Bisa dibayangkan puding yang lembut dengan cita rasa yang manis dan segar? Pas sekali dinikmati saat buka puasa.

Untuk membuat puding Qamar Al Deen, kita perlu memanaskan jus Qamar Al Deen yang sudah dihaluskan dan kental. Panaskan dengan api kecil hingga mendidih, lalu masukkan tepung jagung ke dalamnya. Agar lebih mudah tercampur, kita bisa menyisakan sedikit cairan Qamar Al Deen, lalu campur dengan tepung jagung. Masukkan campuran ini ke dalam Qamar Al Deen yang sedang dididihkan.

Aduk-aduk hingga konsistensinya menjadi lebih kental seperti yoghurt. Angkat, lalu tuangkan dalam mangkuk saji. Puding Qamar Al Deen ini biasa disajikan dingin dengan taburan kacang, kismis, atau parutan kelapa.

Itu dia puding ala Timur Tengah yang bisa kamu buat untuk berbuka puasa. Puding ala Timur Tengah ini memang menggunakan tepung jagung untuk membuat konsistensi yang kental. Tidak seperti puding yang kebanyakan dibuat, yang menggunakan telur agar adonan mengental.

Mau tau bedanya puding yang dibuat dengan tepung jagung dan telur? Yuk, coba bikin Roz Bil Halib atau Qamar Al Deen untuk berbuka nanti. Pilih saja sesuatu seleramu. Roz Bil Halib yang lembut dan creamy, atau Qamar Al Deen yang lembut, manis dan segar.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.