1
Tips

Waktu dan Tempat yang Baik Dimana Do’a Di-ijabah Langsung oleh Allah SWT Bagian 2

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

11 – Ketika mendengar kokok ayam jantan, berdasarkan hadits: “Ketika kalian mendengar kokok ayam jantan, tanyakan kepada Allah karunia-Nya, karena ia telah melihat seorang malaikat.” HR. Bukhari, 2304; Muslim, 2729.

12 – Ketika memanjaatkan do’a,


“Laa ilaaha illa anta, subhaanaka, inni kuntu min al-zaalimin ([tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah SWT], Dimuliakan (dan ditinggikan) oleh Allah SWT [di atas] semua (kejahatan) yang mereka asosiasikan kepadaMu]! Sesungguhnya, aku termasuk orang-orang yang zalim – lih al-Anbiya ’21:87]). “Ini diriwayatkan dalam hadits shahih bahwa Nabi AS  berkata: “Doa Dhu’l-Nun (Yunus) yang dia katakan ketika dia berada di dalam perut paus: ‘Laa ilaaha illa anta, subhaanaka, inni kuntu min al-zaalimin ([tidak ada yang memiliki hak untuk disembah kecuali Engkau (wahai Allah SWT)], dimuliakan dan ditinggikan Engkau [di atas semua yang (jahat) mereka persekutukan denganMu]! Sungguh, aku adalah orang-orang yang zalim.” Diceritakan oleh al-Tirmidzi dan digolongkan sebagai shahih dalam Saheeh al-Jaami ‘, 3383.

Dalam komentarnya tentang bagian ini (interpretasi makna):


“Dan (ingat) Dhun-Nun (Yunus), ketika ia pergi dengan amarah, dan membayangkan bahwa Kami tidak akan menghukumnya (mis. Bencana yang menimpanya)! Tapi dia menangis dalam kegelapan (berkata): Laa ilaaha illa Anta [tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau (wahai Allah)], Dimuliakan dan ditinggikan Engkau [di atas segalanya (kejahatan) yang mereka kaitkan denganMu]! Sungguh, saya telah melakukan kesalahan. ”


88. Maka Kami menjawab panggilannya, dan membebaskannya dari kesusahan. Dan demikianlah Kami benar-benar membebaskan orang-orang beriman (yang percaya pada Keesaan Allah, menjauhkan diri dari kejahatan dan melakukan kebenaran) ”

[al-Anbiya ’21: 87-88]

Al-Qurtubi berkata: Dalam ayat ini, Allah menetapkan bahwa siapa pun yang memanggilnya, Dia akan menjawabnya saat Dia menjawab dan menyelamatkan Dhu’l-Nun (Yunus). Inilah yang dimaksud dengan  “Dan demikianlah Kami membebaskan orang-orang yang beriman”.

Al-Jaami ‘li Ahkaam il-Qur’aan, 11/334.

13 – Jika musibah menimpanya dan dia berkata, Inna Lillaahi wa inna ilayhi raaji’un, Allaahumma ujurni fi musibati w’ukhluf li khayran minha (Sesungguhnya, bagi Allah kita adalah milik dan benar-benar, kepada-Nya kita akan kembali; ya Allah, hadiahlah saya dalam musibah ini dan  berkahilah saya  dengan sesuatu yang lebih baik dari itu). Diriwayatkan oleh Muslim dalam Sahih-nya (918) bahwa Ummu Salamah berkata: Saya mendengar Utusan Allah SWT  mengatakan: “Tidak ada musibah yang menimpa salah seorang Muslim dan dia menjawab dengan mengatakan ‘Innaa Lillaahi wa innaa ilahi raaji’un, Allaahumma ujurni fi musibati w’ukhluf li khayran minha (Sungguh, bagi Allah kita milik dan benar-benar, kepada-Nya kita akan kembali; ya Allah, beri kami sesuatu yang baik  dalam musibah ini dan berikan karunia kepada kami dengan sesuatu yang lebih baik) daripada itu), ‘tetapi Allah akan memberikan karunia kepadanya dengan sesuatu yang lebih baik dari itu. ”

14 – Doa orang-orang setelah jiwa orang yang meninggal telah diambil. Menurut hadits, Nabi (damai dan berkah Allah SWT masuk ke Abu Salamah (setelah dia meninggal) dan matanya terbuka. Dia menutupkan matanya dan berkata: “Ketika jiwa diambil, tatapan mengikutinya.” Beberapa keluarganya menjadi risau dan dia berkata: “Jangan berdoa untuk apa pun kecuali baik untuk dirimu sendiri, karena para malaikat mengatakan Amin kepada apa pun yang kalian katakan. Diceritakan oleh Muslim. 2732.

15 – Do’a untuk orang yang sakit. Muslim (919) meriwayatkan bahwa Ummu Salamah berkata: Utusan Allah SWT mengatakan: “Ketika Anda mengunjungi orang yang sakit, ucapkan hal-hal baik, karena para malaikat mengatakan Amin kepada apa pun yang Anda katakan …” Ketika Abu Salamah meninggal, saya datang ke Utusan Allah SWT dan berkata: “Abu Salamah telah mati.” Dia berkata: “Katakan: ya Allah, maafkan aku dan dia, dan berikan karunia yang baik padaku. “Dia berkata: Aku berkata: Dan Allah memberikan karunia kepadaku dengan orang yang lebih baik bagiku daripada dia: Muhammad SAW.

webinar umroh.com

16 – Doa orang yang telah dianiaya. Dalam hadits itu tertulis: “Takut akan doa orang yang telah dirugikan, karena tidak ada penghalang antara itu dan Allah.” Dikisahkan oleh al-Bukhaari, 469; Muslim, 19. Dan Nabi SAW mengatakan: “Doa orang yang telah dianiaya akan dijawab, bahkan jika dia adalah seorang penjahat, karena kejahatannya hanya melawan dirinya sendiri.” oleh Ahmad. Lihat Saheeh al-Jaami ’, 3382.

17 – Do’a seorang ayah untuk anaknya – yaitu, untuk keuntungannya – dan do’a dari seorang yang berpuasa pada hari puasa, dan doa para musafir. Diriwayatkan dalam laporan shahih bahwa Nabi SAW mengatakan: “Ada tiga doa yang tidak ditolak: doa seorang ayah untuk anaknya, doa orang yang berpuasa dan doa dari musafir. ”Dikisahkan oleh al-Bayhaqi; lihat Saheeh al-Jaami ’, 2032; al-Saheehah, 1797.

 

~bersambung insya Allah