1
Tips

Tak Perlu Beli Baju Baru, Ini 4 Trik Agar Tetap Tampil Menawan di Hari Lebaran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menjelang Ramadhan berakhir, banyak orang memburu baju baru untuk dikenakan di hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri identik dengan dihapuskannya dosa-dosa setelah beribadah di bulan Ramadhan, sehingga kita terlahir menjadi pribadi yang baru. Makna ini berusaha dihayati oleh orang-orang dengan membeli pakaian baru.

Baju Lebaran juga biasanya dibeli agar seseorang tampil lebih rapi dan menarik ketika bertemu dengan kerabat. Padahal tampil rapi dan menarik tidak harus dengan baju baru, lho. Kita sebenarnya bisa tampil lebih menarik dengan pakaian lama yang masih kita miliki. Jika kamu memang belum ingin membeli baju baru, namun tetap ingin tampil menarik saat bertemu kerabat di hari Lebaran, cobalah 4 trik di bawah ini.

Pastikan Pakaian yang Rapi

Pakaian apapun akan terlihat bagus jika kamu memakainya dalam kondisi rapi. Pakaian yang rapi bisa diperoleh dari cara kita merapikannya dengan setrika. Pastikan kita menyetrika pakaian dengan rapi sebelum shalat Ied, atau sebelum berkunjung ke rumah kerabat.

Kerapian pakaian juga bisa dilihat dari cara memakainya. Hindari memakai pakaian yang kebesaran atau dipakai dengan asal-asalan. Selain itu, sesuaikan pakaian dengan suasana yang kita hadiri. Misalnya saat akan shalat Ied, sebaiknya gunakan baju koko bagi laki-laki, atau gamis bagi perempuan. Hindari memakai kaos oblong yang terlalu santai ketika shalat Ied atau bertemu kerabat di acara halal bihalal keluarga. Menyesuaikan pakaian dengan acara yang dihadiri membuat kita tampil menawan di hari Lebaran.

Gunakan Pakaian yang Warnanya Masih Jelas

Di antara beberapa pakaian yang kita miliki, tentu ada pakaian yang warnanya sudah mulai pudar, serta ada yang masih jelas dan cerah. Saat akan hadir ke acara keluarga atau bertemu kerabat lainnya, pastikan kita menggunakan pakaian yang warnanya masih jelas. Hindari menggunakan pakaian yang sudah pudar warnanya dan tidak bagus lagi saat dipandang.

Menjaga warna pakaian memang harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Karena itu, hal ini bisa menjadi catatan agar kita selalu memperlakukan pakaian dengan baik saat membersihkannya, agar warnanya tidak mudah pudar.

webinar umroh.com

Tambahkan Aksesoris

Aksesoris yang kita kenakan bisa membuat penampilan seketika menjadi lebih cerah dan berbeda. Gunakan aksesoris untuk membuat penampilan menjadi lebih cantik dan menawan. Misalnya kita bisa memakai bros di hijab agar tampil lebih elegan. Bagi laki-laki, misalnya dengan memakai peci yang masih bagus agar tampak lebih santun dan rapi.

Namun perlu diingat saat memakai aksesoris, hindari memakai aksesoris terlalu berlebihan. Misalnya ketika kita ingin memakai bros dengan aksen permata, hindari memadukannya dengan gelang yang juga memiliki hiasan yang mencolok. Pilihlah satu aksesoris sebagai statement agar penampilanmu tetap elegan tanpa kesan berlebihan.

Coba Padu Padan yang Belum Pernah Kamu Lakukan

Salah satu alasan seseorang membeli baju baru adalah karena bosan dengan penampilan yang itu-itu saja. Terutama ketika bertemu dengan kerabat yang jauh, tentu kita ingin tampil lebih rapi dan cantik. Inilah yang membuat banyak orang memutuskan membeli baju Lebaran. Padahal kita bisa menyiasati penampilan yang itu-itu saja dengan mencoba padu padan yang baru, lho.

Agar pakaian lama tampak baru, cobalah memadukannya dengan cara yang belum pernah kita lakukan. Misalnya, jika kita memiliki gamis yang biasa kita pakai, cobalah untuk memadukannya dengan blazer atau ikat pinggang. Kita juga bisa memadukannya dengan warna hijab yang belum pernah kita padukan dengan gamis tersebut.

 

Membeli baju baru tidak dilarang jika memang kita membutuhkannya. Namun jika baju yang baru masih sangat layak digunakan, kita bisa menyiasatinya dengan cara di atas. Lebih hemat, dan kita lebih fokus beribadah di hari terakhir bulan Ramadhan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.