1
Tips

10 Cara Mengusir Suntuk Akibat Paparan Berita Negatif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Media online serta media sosial menjadi salah satu platform berbagi informasi dan berita. Selain berita-berita yang menyenangkan, di sana juga kita bisa menerima berita-berita negatif. Terlebih ketika situasi sedang panas akibat kondisi sosial atau politik yang kurang kondusif. Kita, yang memang sehari-hari tidak bisa lepas dari gadget, tentu akan sering terpapar berita-berita negatif yang masuk melalui platform tersebut.

Pernahkah kamu tiba-tiba merasa suntuk atau sumpek tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi kamu sedang mengalami efek negatif akibat terpapar berita negatif.

Ilmuwan menunjukkan bahwa terlalu terpapar cerita tragis, seperti berita terorisme atau ketidakadilan, bisa membuat seseorang terpengaruh secara negatif. Agar emosi dan mental kita tidak terpengaruh secara negatif, kita bisa belajar dari para ahli kesehatan mental untuk mengatasi berita-berita negatif yang mereka terima.

Ahli kesehatan mental adalah orang-orang yang selalu menerima berita-berita negatif, baik dari kliennya, maupun dari beragam media di sekelilingnya. Di bawah ini adalah cara yang biasa dilakukan para ahli kesehatan mental untuk mengatasi gangguan emosi, akibat terlalu banyak menerima berita negatif.

Fokus pada Apa yang Bisa Kamu Lakukan

Jika memang ada hal yang bisa kamu lakukan saat menerima berita negatif, misalnya kamu memiliki peran dalam hal tersebut, maka lakukanlah sesuatu. Jika tidak, segera beralih pada kegiatan atau pikiran lain yang lebih produktif dan menyenangkan.

Melihat Sesuatu yang Lucu

Cara ampuh untuk mengatasi hawa negatif, karena terlalu terpapar berita negatif, adalah dengan tertawa. Jika kamu tiba-tiba merasa suntuk, cobalah cari tontonan yang lucu atau teman yang bisa membuatmu tertawa.

webinar umroh.com

Berolahraga

Berolahraga adalah cara terbaik menyingkirkan stres, terlebih ketika kamu terlalu terpapar berita negatif. Dengan berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang membuat mood menjadi lebih baik. Untuk mengusir hawa negatif, lakukan olah raga yang kamu sukai, serta perbanyak melatih pikiran agar berfokus pada kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Mencoba Hal Baru

Bagi para ahli kesehatan mental yang begitu sering menerima kabar negatif, cara menghilangkan hawa negatif adalah dengan mencoba hal baru. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang kreatif yang belum pernah dilakukan, atau menghabiskan waktu melakukan kegiatan menyenangkan dengan keluarga.

Seimbangkan Antara Tindakan dan Istirahat

Ada kalanya kamu harus bertindak untuk mengatasi berita negatif yang kamu terima. Namun seimbangkan dengan beristirahat dan menjauh sejenak, untuk menjaga mental tetap sehat.

Berlatih Mengolah Nafas

Menarik nafas panjang dan mengeluarkannya perlahan adalah salah satu cara menghilangkan stres. Fokuskan pikiran pada keluar dan masuknya nafas. Tindakan ini membantu kita untuk mengalihkan fokus, dari hal-hal yang negatif, ke hal-hal yang sedang kamu lakukan (mindfulness).

Menjauh dari Gadget

Ketika pikiranmu benar-benar sumpek karena berita-berita negatif, maka itu pertanda untuk menjauhkan diri dari gadget. Jika memang tidak memungkinkan, matikan notifikasi di HP atau berhenti scrolling di laman media sosial. Ini untuk menetralisir pikiranmu yang sudah terlalu terpapar berita negatif.

Memasak

Menyantap makanan yang lezat juga menjadi cara untuk mengusir stres. Terlebih jika kamu memang hobi memasak. Meracik bahan-bahan di dapur untuk menjadi makanan yang lezat, akan membantu mengalihkan pikiran dari berita-berita negatif. Cobalah untuk memasak makanan favoritmu ketika kamu sudah mulai stres.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Mengelus bulu kucing, atau menyaksikan tingkah lucu hewan bisa menjadi cara menghilangkan stres. Cobalah untuk mengajak mereka bermain ketika kamu sudah mulai stress dengan banyaknya berita negatif. Kelucuan mereka akan seketika menghilangkan rasa suntuk di pikiranmu.

Tetap Memantau Berita

Ada juga para ahli kesehatan mental yang sengaja untuk tetap memantau berita. Walaupun negatif, namun mengetahui bahwa ada orang yang setuju dengan pendapatnya bisa membuat stres jadi lebih berkurang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.