1
Kesehatan Kuliner

5 Kandungan Penting Buah Mangga Yang Wajib Anda Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mangga adalah tanaman buah asli dari India. Kini, tanaman ini tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Tanaman Mangga dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan berhawa panas. Akan tetapi, ada juga yang dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian hingga 600 meter di atas permukaan laut. Batang pohon Mangga tegak, bercabang agak kuat. Kulit tebal dan kasar dengan banyak celah kecil dan sisik bekas tangkai daun. Warna kulit batang yang sudah tua biasanya coklat keabuan sampai hitam.

Pohon Mangga yang berasal dari biji pada umumnya tegak, kuat dan tinggi sedangkan yang berasal dari sambungan atau tempel lebih pendek dan cabang membentang. Daun yang masih muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan, atau kekuningan yang kemudian hari akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwara hijau muda. Bunga Mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang, dan berbau harum seperti bunga lili. Kelopak bunga biasanya bertaju 5. Buah Mangga termasuk buah batu yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat, bulat telur, hingga lonjong memanjang.

Kandungan Buah Mangga:

1.Vitamin A

Vitamin A dalam mangga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal yakni berkat kemampuannya untuk menjaga fungsi penglihatan. Selain itu memperkuat sistem imunitasm, menunjang pertumbuhan janin, mencegah jerawat muncul, dan enjaga kesehatan tulang.

2.Vitamin C.

Mengonsumsi cukup vitamin C sehari-hari bisa membantu mencegah serangan bakteri penyebab sakit. Vitamin C juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan hingga mencerahkan warna kulit. Satu buah mangga mengandung 122 mg vitamin C.

3.Vitamin D

webinar umroh.com

Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Kalsium dan fosfor merupakan dua faktor yang sangat penting dalam urusan menjaga kesehatan tulang. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium secara maksimal di usus, serta membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Pada orang dewasa kekurangan vitamin D akan menyebabkan kondisi tulang melengkung dengan nama osteomalacia. Bersama dengan kalsium, vitamin D dapat membantu mencegah osteoporosis atau osteomalacia pada orang dewasa dan manula. Tulang menjadi rapuh dan rentan patah bila kekurangan vitamin D.

4.Vitamin E

Vitamin E dalam mangga merupakan antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami. Antioksidan alami dapat membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

5.Vitamin K

Vitamin K termasuk golongan vitamin yang larut dalam lemak. Kecukupan asupan vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.

3.Beta karoten.

Warna jingga dan kuning pada buah mangga, dapat memasok kandungan beta karoten yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Beta karoten dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A, antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis

4.Kalium.

Manfaat kalium untuk menjaga kesehatan jantung, menjembatani kerja otot dan saraf, memindahkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh menuju ke sel-sel dan mengeluarkan sisa-sisa tubuh dari sel tubuh.

5.Vitamin B9

Vitamin B9 atau disebut juga dengan asam folat memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan khususnya bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil agar janin yang dikandung terhindar dari cacat bawaan. Secara umum manfaat vitamin B9 yaitu pencegahan gangguan otor, peningkatan jumlah sel, pembentukan hemoglobin, dan membantu gangguan mental, dan emosional.

 

Mangga mudah sekali ditemui di Indonesia. Mangga sebagai buah yang merakyat yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Setelah tahu kandungan penting buah mangga semoga dapat menginspirasi. Yuk makan manga.