1
News

Ini yang Dilakukan Warga Kristen di Minnesota untuk Warga Muslim yang Berpuasa Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sambutan hangat kepada warga muslim yang berpuasa diberikan oleh warga muslim di negara bagian Minnesota. Dilansir oleh VOA Indonesia, mereka melakukannya beramai-ramai, mewakili gereja ataupun individu. Sambutan diberikan dengan memasang poster bertuliskan “Selamat Ramadan” di halaman rumah.

Poster Halaman untuk Muslim yang Beribadah Ramadhan

Gerakan tersebut diprakarsai oleh Dewan Gereja-Gereja di Minnesota. Seminggu sebelum dan selama bulan Ramadhan, Dewan Gereja Minnesota membagikan poster halaman kepada semua gereja anggotanya di seluruh negara bagian.

Poster yang dibagikan berisi tulisan, “To our muslim neighbors : Blessed Ramadan” (Untuk tetangga kami yang muslim : Selamat Ramadan”. Poster tersebut juga mengandung pesan selamat menunaikan ibadah puasa untuk seluruh muslim.

Menunjukkan Toleransi dan Menghormati Pengikut Agama Lain

Tindakan tersebut dilakukan untuk menunjukkan toleransi dan menghormati pengikut agama lain. Gerakan tersebut mendapat dukungan dan disambut baik. Bukan hanya oleh seluruh gereja di negara bagian Minnesota, namun juga di negara-negara bagian lainnya. Mulai dari Pantai Atlantik di bagian timur, hingga Pantai Pasifik di bagian barat. Umat muslim tentu menyambut baik umat Islam di wilayah tersebut.

CEO Dewan Gereja-Gereja di Minnesita, Pendeta Dr. Curtiss Paul DeYoung, menjelaskan bahwa warga Kristen di Minnesota ingin melangkah maju dengan merangkul warga yang beragama Islam. Tujuannya agar warga Muslim tahu bahwa sepanjang bulan Ramadhan, para tetangga ikut menyambut dan menerima mereka.

Direktur Program dan Komunikasi Dewan Gereja-Gereja di Minnesota, Jerad Morey menjelaskan keapda VOA bahwa Dewan Gereja-Gereja Minnesota memiliki sejarah panjang kemitraan dengan masyarakat Muslim di Minnesota. Dituturkan oleh Morey, sudah lebih dari 30 tahun pihaknya telah terlibat dalam karya pelayanan membantu pemukiman para pengungsi, dan beberapa pengungsi yang datang ke Minnesota beragama Islam.

Dilakukan Sejak 2016

Sambutan untuk warga Muslim yang beribadah di Bulan Ramadhan, dengan memasang poster di halaman, juga sudah dilakukan sejak tahun 2016. Tahun ini, poster untuk tetangga Muslim mereka sudah dibagikan sejumlah lebih dari 2.500 poster. Poster tersebut tersebar di berbagai negara bagian Amerika. Ternyata poster tersebut mendapat banyak apresiasi dan pujian. Bukan hanya di Amerika, namun juga di luar negeri.

Mendapat Apresiasi Berbagai Pihak

Media-media kemudian banyak yang meliput gerakan tersebut. Mulai dari media di Minnesota, Illinois, New York, Wisconsin, hingga media Pakistan. Kisah mengenai gerakan tersebut juga dimuat dalam majalah U.S. News and World Report.

webinar umroh.com

Dengan penyambutan yang diberikan oleh Dewan Gereja-Gereja Minnesota dan warga Kristen lain, umat Islam jadi tahu bahwa mereka tidak ditakuti. Tetangga-tetangga yang ada di sekitar mereka menyambut mereka dengan tangan terbuka.

Tindakan baik yang diberikan oleh Dewan Gereja Minnesota itu mendatangkan reaksi positif dari warga Muslim. Salah seorang Pendeta dari Gereja Metodis di kota Rochester, Minnesota yang juga memasang poster Ramadan tahun sebelumnya, Katy Lee, mengatakan bahwa pihaknya didatangi sekelompok Muslim setempat pada kebaktian di malam Natal. Mereka muncul dengan membawa karangan bunga dan mengucapkan selamat kepada jamaah yang hadir.

Niat Baik untuk Semua

Lebih luas, gerakan memberi sambutan kepada Muslim yang berpuasa itu telah menjadi sebuah pertanda bagi niat baik. Gerakan tersebut dimuat dalam situs-situs web Kedutaan Besar Amerika Serikat di berbagai negara. Pihak pemerintah melaporkan gerakan tersebut sebagai ilustrasi toleransi beragama di Amerika Serikat.

Misi Dewan Gereja-Gereja di Minnesota itu adalah untuk mewujudkan persatuan di dalam gereja dan membangun kebaikan bersama di dunia. Selain memberikan sambutan kepada warga Muslim yang berpuasa, Dewan-Dewan Gereja di Minnesota juga membuat program untuk menyambut kedatangan dan membantu pemukiman para pengungsi, melakukan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, dan membina hubungan antargereja.

Pendeta Jerad Morrey menjelaskan bahwa ia mempercayai bahwa umat Kristen diperintah untuk mengasihi sesama, serta memperlakukan orang lain seperti halnya ingin diperlakukan. Karenanya ketika Ramadhan tiba, ia dan pihak gereja berusaha mencari tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk menunjukkan kasih kepada tetangga yang Muslim.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.