1
Tips

Ini 8 Cara Mencuci Agar Pakaian Putih Lebih Awet

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pakaian putih banyak dimiliki oleh kita. Kemeja kerja, mukena, seragam anak, gaun dan sebagainya adalah pakaian yang banyak menggunakan kain putih. Warna putih memang bisa menampilkan aura kecantikan seseorang. Selain itu, warna putih yang dikenakan untuk mukena juga merupakan sunnah dari Rasulullah.

Di samping keistimewaannya, merawat pakaian putih bukanlah hal yang mudah. Jika salah menanganinya, pakaian putih jadi cepat berubah warna dan kusam. Ada trik tersendiri agar pakaian putih lebih awet dan tidak mudah kusam. Ikuti trik di bawah ini.

Pisahkan dengan Baju Warna Lain

Saat mencuci, hindari mencampur baju putih dengan pakaian berwarna lain. Lebih baik kita mencucinya secara terpisah untuk mencegah baju putih kelenturan atau mendapat transfer warna dari pakaian lainnya. Inilah yang membuat baju yang berwarna putih cepat kusam.

Jika Menggunakan Mesin Cuci, Jangan Mencuci Terlalu Penuh

Jika kita menggunakan mesin cuci, hindari memasukkan baju terlalu banyak hingga memenuhi ruang di dalam mesin cuci. Saat mencuci deterjen akan bekerja meluruhkan kotoran dalam pakaian. Karena itu harus ada ruang yang cukup di antara baju-baju dan air untuk meluruhkan kotoran pada pakaian. Ketika mesin cuci penuh sesak oleh pakaian kotor, maka debu dan kotoran pada pakaian tidak bisa luruh, dan akhirnya akan tetap mengendap pada pakaian.

Pilih Deterjen yang Mengandung Pencerah

Pilih deterjen yang mengandung zat untuk mencerahkan kain, sehingga pakaian yang putih akan tampak lebih putih. Ada beberapa deterjen yang memang memiliki kandungan untuk menimbulkan ilusi pada mata, sehingga warna tampak lebih cerah. Pencerah ini bekerja membelokkan gelombang sinar ultraviolet hingga menunjukkan cahaya berwarna biru, dan meminimalisir cahaya berwarna kuning pada mata. Pakaian yang putih akan tampak lebih putih.

Gunakan Air Panas

Air panas adalah pilihan terbaik untuk mencuci pakaian yang putih. Air yang panas bisa membantu menghilangkan keringat atau minyak tubuh yang menempel di baju, serta debu dan kotoran. Keringat serta debu dan kotoran inilah yang bisa membuat pakaian putih tampak lebih kusam.

Segera Bersihkan Noda

Dalam beraktivitas, tentunya kita akan mendapatkan noda-noda pada pakaian, termasuk di pakaian putih. Ketika pakaian putih terkena noda, segera bersihkan agar tidak terlalu lama mengendap di serat kain. Cara paling sederhana adalah dengan menempelkan deterjen di bagian baju yang terkena noda, lalu mendiamkannya selama beberapa saat. Kita bisa juga mencampurkan deterjen dengan cuka atau baking soda.

Saat baju yang ternoda ini sudah kering, pastikan sudah tidak ada noda di permukaannya sebelum kita setrika. Menyetrika pakaian yang masih bernoda akan membuat noda tersebut tertinggal secara permanen di baju, sehingga akan membuat baju semakin kusam.

webinar umroh.com

Hindari Pelembut Pakaian

Pelembut pakaian sebenarnya bisa meninggalkan residu pada kain putih yang memiliki debu atau kotoran. Karena itu, sangat tidak disarankan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci pakaian putih yang kotor dan berdebu. Sebagai gantinya, gunakan secangkir cuka putih saat mencuci untuk menghilangkan residu dari deterjen di dalam kain yang putih.

Hindari Panas yang Terlalu Tinggi

Panas setrika yang terlalu tinggi bisa membuat pakaian yang putih menjadi hangus dan akan membuat warnanya sedikit lebih gelap. Warna dari panas yang membuat kain hangus ini sulit sekali dihilangkan.

Jemur di Luar

Jika memungkinkan, jemur pakaian putih di luar ruangan. Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari bisa membantu mencerahkan dan memutihkan kain.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.