1
News

Inilah Prestasi Indonesia di Kompetisi Al Qur’an Internasional

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Wakil dari Indonesia berhasil menjuarai MTQ Internasional ke-7 yang digelar di Turki. Dalam kompetisi tersebut, Indonesia diwakili oleh Syamsuri Firdaus yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Kejuaraan MTQ Internasional ke-7 itu diselenggarakan pada 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica Istanbul.

Menerima Hadiah Langsung dari Presiden Turki

Karena meraih juara 1, Syamsuri berkesempatan menerima langsung penghargaan dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Penyerahan tersebut disaksikan oleh undangan dari Kementerian Agama Turki, Wakil Konsulat Jenderal negara sahabat, termasuk KJRI Istanbul yang diwakili oleh PF Pensosbud, Iwan Wijaya M.  Dalam kompetisi tersebut, juara 2 diraih oleh Niger dan juara 3 dari Qatar.

Diikuti oleh Puluhan Negara di Timur Tengah dan Eropa

Ada sekitar 60 peserta lain dari berbagai negara di Timur Tengah dan Eropa yang mengikuti MTQ Internasional tersebut. Syamsuri sendiri mendapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, yang merupakan wakil Kementerian Agama RI. Selama berada di Turki, Ali Sibromalisi mendampingi Syamsuri mengikuti perlombaan tersebut.

Prestasi Hafiz Indonesia di Brunei Darussalam

Selain meraih juara 1 MTQ Internasional di Turki, Indonesia juga berhasil menjuarai lomba Musabaqah Menghafaz Al Qur’an di Brunei Darussalam. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada 19 – 23 Mei 2019 lalu.

Wakil Indonesia yaitu Rauhana Hilmy Kameela dan Shohibul Huda Amri. Dalam kompetisi hafiz tersebut, Shohibul Huda meraih juara 2 dalam lomba hafalan 30 juz, dengan tafsir Juz 23. Sementara Rauhana meraih juara 2 dalam lomba hafalan 10 juz, dengan tafsir Juz 10.

Hadiah Langsung dari Sultan Brunei Darussalam

Atas prestasinya, kedua remaja tersebut menerima sertifikat, plakat dan uang tunai. Mereka menerima hadiah tersebut langsung dari Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Penghargaan diserahkan dalam Peringatan Nuzulul Quran di International Convention Center Brunei Darussalam pada 22 Mei 2019.

Penyerahan penghargaan itu disaksikan langsung oleh duta besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko.  Beliau menyampaikan kegembiraannya atas prestasi yang diraih oleh Hafiz dan Hafizah dari Indonesia itu. Dr. Sujatmiko juga berharap semoga partisipasi Indonesia dalam kompetisi tersebut bisa mempererat hubungan Indonesia dan Brunei, serta mendorong prestasi Indonesia di kompetisi serupa ke depannya.

Kompetisi Menghafal Diselenggarakan oleh MABIMS

Musabaqah Menghafaz Quran yang diselenggarakan di Brunei tersebut diikuti oleh para peserta dari Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang menjadi anggota MABIMS. MABIMS merupakan singkatan dari Pertemuan Tahunan Tidak Resmi Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

webinar umroh.com

MABIMS merupakan sebuah kesepakatan regional Menteri Agama dari 4 negara tersebut, untuk meningkatkan kerjasama di bidang agama Islam. Dalam kompetisi tersebut, juara pertama diraih oleh Singapura dan Brunei.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.