1
Tips

Inilah Tips Sukses Membuat Kue Lebaran Ala Chef Pastry Ternama Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Lebaran khas dengan silaturahim ke rumah saudara dan kerabat. Inilah yang membuat banyak orang mempersiapkan kue-kue kering sebagai suguhan untuk tamu. Beberapa orang bahkan suka membuat sendiri kue untuk disuguhkan.

Beberapa kue yang banyak disajikan di Indonesia antara lain nastar, kastengels, dan putri salju. Jika kamu berniat membuat kue kering tersebut sendiri, perhatikan trik yang diberikan oleh Chef Yongki Gunawan, chef pastry terkenal di Indonesia.

Memilih Telur Terbaik

Saat membuat kue kering khas Lebaran, kita tidak boleh memilih telur sembarangan. Agar kue kering memiliki kualitas yang baik, kita harus memakai telur yang segar. Telur yang segar maksudnya adalah telur yang umurnya sekitar 5 hari.

Untuk mengecek kualitas telur, kita bisa merendamnya di dalam air. Jika telur dalam posisi tertidur di dasar air, telur tersebut masih segar. Sedangkan jika telurnya mengambang, berarti umurnya sudah lebih dari lima hari. Bahkan menurut Chef Yongki, jika telur umurnya sampai 10 hari posisinya bisa berdiri tegak.

Pilih Tepung Protein Sedang

Untuk membuat kue kering, sebaiknya tepung yang digunakan adalah tepung terigu protein sedang, dengan persentase 11% hingga 12%. Ada beragam merek yang menjual tepung terigu protein sedang. Kita bisa melihatnya di kemasan untuk melihat keterangan produk dan kandungan protein di dalamnya.

Pilih Mentega atau Margarin Terbaik

Untuk membuat kue kering yang rasanya enak, Chef Yongki menyarankan untuk memakai mentega atau margarin dengan merek populer. Agar rasa kue lebih kuat dan legit, Chef Yongki menyarankan untuk menggunakan margarin yang dicampur dengan mentega.

Gunakan Tepung yang Matang

Penyebab retak di permukaan kue bisa jadi karena salah memilih tepung, serta tidak menerapkan trik tertentu untuk membuat adonan nastar. Kita disarankan untuk mengukus tepung, selama sekitar setengah hingga satu jam, sebelum digunakan.

Agar tepung kering sebelum dimasukkan ke dalam adonan, kita bisa mengeringkannya dengan dikipas-kipas hingga kering. Cara lainnya adalah dengan menyangrai tepung sebentar agar matang, namun jangan sampai tepung berwarna coklat.

webinar umroh.com

Tips Membuat Nastar

Kunci untuk membuat isian nanas yang legit ada pada penggunaan mata nanas. Bagian tengah nanas ini sebaiknya digunakan karena memiliki zat yang membuat selai nanas menjadi lebih berkualitas. Selain itu, mata nanas bisa membuat aroma selai nanas menjadi lebih kuat.

Transaksi Aman Ibadah Nyaman

Tips Membuat Kastengels

Kastengels adalah salah satu kue kering yang banyak disajikan saat lebaran. Kue kering yang khas dengan rasa kejunya ini memang sangat nikmat untuk dinikmati bersama keluarga. Masukkan mentega di dalam kulkas sebelum menggunakannya.

Selain itu, untuk memilih keju yang digunakan, kita disarankan untuk memperhatikan jenis keju. Keju yang paling baik digunakan untuk kastangels adalah keju yang tua. Keju yang tua cocok digunakan sebagai adonan atau taburan ka stainless.

Tips Membuat Putri Salju

Putri Salju adalah kue lebaran yang lembut dan lumer, dan khas dengan taburan gulanya. Agar Putri Salju yang kita buat lebih nikmat, selain memperhatikan jenis tepung dan mentega yang digunakan, kita juga harus memperhatikan Jenis gula yang digunakan sebagai taburan. Tidak sembarang jenis gula bisa dipakai sebagai taburan Putri Salju. jika penggunaan tidak tepat, maka gula tidak bisa menempel di kue putri salju yang sudah matang.

 

[ajax_load_more]

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.