1
News

Istri Presiden Keenam Wafat, Ini Kiprah Ani Yudhoyono Semasa Hidup

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Indonesia Berduka. Istri dari Presiden keenam Indonesia, Ibu Ani Yudhoyono tutup usia pada 1 Juni 2019. Beliau menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di Singapura.

Kabar duka ini membuat rakyat Indonesia juga merasakan kesedihan yang sama. Istri dari Susilo Bambang Yudhoyono itu dikenal sebagai pribadi yang baik dalam menjalankan perannya sebagai ibu negara. Ada beragam kiprah beliau untuk membantu agar masyarakat Indonesia menjadi lebih sejahtera.

Dikenal Aktif

Selama mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono dikenal aktif dalam berbagai kegiatan. Selain mendampingi tugas suaminya, beliau juga pernah memegang jabatan sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Selama SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi di era Presiden Abdurrahman Wahid dan Menko PolKam di era Presiden Megawati, Ani Yudhoyono juga aktif dalam Persit Kartika Chandra Kirana (persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita.

Ketika SBY menjadi presiden, Ani juga aktif membantu program pemerintah. Bersama dengan para istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Ani membentuk perkumpulan yang bernama Solidaritas Istri kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Perkumpulan ini melakukan banyak kegiatan sosial untuk membantu masyarakat, khususnya anak dan perempuan yang kurang beruntung. Tujuannya adalah untuk memberdayakan anak dan perempuan dalam program “Indonesia Sejahtera” sesuai dengan tujuan Millenium Development Goals.

Kiprah di Bidang Pendidikan

Melalui SIKIB, wanita penggemar fotografi itu juga mempelopori Program Indonesia Pintar. Lewat program tersebut, diwujudkan Motor Pintar, Mobil Pintar, dan Kapal Pintar agar bisa menyediakan buku bacaan gratis bagi anak-anak di pelosok.

Ada juga rumah pintar, seperti Rumah Pintar “Akhlaqul Karimah” yang ada di Kelurahan Cipondoh. Rumah Pintar itu juga menyediakan buku bacaan gratis bagi anak-anak. Rumah Pintar itu bertujuan agar anak-anak bisa belajar dan bermain tanpa harus berjalan jauh dari rumah.

Setia Mendukung Suami

Dituturkan oleh Sri Mulyani kepada Jawa Pos, Ani Yudhoyono merupakan wanita yang tangguh dan hebat. Ketika Sri Mulyani bekerja membantu SBY, ia melihat Ani Yudhoyono selalu mendampingi SBY sebagai presiden. Sosoknya selalu memberikan ketegaran atas keseluruhan tugas SBY sebagai presiden.

webinar umroh.com

Bu Ani juga merupakan sosok pengayom. Bukan hanya bagi putra-putranya, namun juga kepada para pembantu SBY di Kabinet Indonesia Bersatu. Ani Yudhoyono disebut secara aktif menciptakan lingkungan yang baik.

Namanya Digunakan sebagai Nama Spesies Kupu-Kupu Papua

Di tahun 2007 lalu, ada satu spesies kupu-kupu yang ditemukan di Pegunungan Foya oleh Bruder Henk van Mastrigt. Ilmuwan itu menemukannya setelah melakukan ekspedisi pada 2005. Penamaan kupu-kupu spesies baru ini bersamaan dengan peresmian Bali Safari dan Marine Park di Gianyar, Bali. Saat itu, Presiden SBY diminta untuk meresmikan wahana edukasi tersebut.

Saat itulah pihak Bali Safari dan Marine Park memberi nama pada spesies kupu-kupu baru tersebut. Nama lengkap Ani Yudhoyono digunakan dalam penamaan spesies kupu-kupu dari Papua tersebut. Kini, spesies kupu-kupu besar dengan warna dominan cokelat dan hitam, serta semburat kuning dan putih di sayapnya itu disebut dengan Delias kristianieae.

 

Selamat jalan, Bu Ani. Semoga Allah memberikan tempat terindah untukmu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.