1
Parenting Tips

Mengajak Si Kecil Mudik, Perhatikan 6 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat mudik, banyak orang yang pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Melakukan perjalanan saat mudik tentunya bukan aktivitas yang mudah, apalagi jika kita membawa si kecil.

Di bawah ini adalah tips jika kita harus mudik ke kampung halaman bersama dengan si kecil.

Pastikan Si Kecil Sudah Bisa Diajak Mudik

Idealnya, si kecil baru bisa diajak melakukan perjalanan jauh setelah ia berusia 2 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan, bayi yang berusia 3 bulan ke atas bisa diajak mudik dengan kendaraan umum atau pribadi. Walaupun tidak semua bayi akan nyaman diajak naik kendaraan. Memang ada beberapa karakter anak yang bisa diajak untuk naik kendaraan umum. Tandanya di antaranya bayi yang mudah ditenangkan, mudah diajak main, mudah ditidurkan, dan sedang tidak sakit.

Amati Kebiasaan Si Kecil Sebelum Mudik

Sebelum memutuskan untuk mengajak si kecil mudik, sebaiknya orangtua mengamati kebiasaannya sehari-hari. Misalnya jadwalnya, cara untuk menenangkan saat rewel, jam tidur, hal-hal yang membuatnya rewel, dan apa yang membuatnya mudah ditenangkan. Jika orang tua sudah mengetahui hal ini, dan anak termasuk mudah untuk ditenangkan, maka anak sudah siap diajak mudik.

Ajak Anak Berlatih

Langkah ini bisa dilakukan untuk anak yang belum terbiasa naik kendaraan umum. Kendaraan umum memang berbeda dengan kendaraan pribadi. Di sana ada banyak orang, serta fasilitas yang digunakan untuk bersama-sama. Karena itu coba ajak anak untuk merasakan situasi-situasi yang mirip dengan situasi saat mudik. Misalnya melatihnya untuk tidur dengan suasana yang berisik atau udara yang kering.

Pakaikan juga popok sekali pakai untuk anak. Bagi anak-anak yang tidak terbiasa memakai popok sekali pakai, orangtua bisa mengajak anak berlatih dan mencoba kira-kira merk mana yang cocok untuk anak, agar tidak rewel saat di perjalanan. Jika Ibu sekiranya kurang nyaman untuk menyusui di kendaraan umum, latih anak untuk minum ASI dari botol.

Jaga Kesehatan Anak

Beberapa hari sebelum mudik, usahakan jaga kesehatan anak. Beri makan-makanan sehat, serta awasi kegiatannya agar tidak terlalu capek. Badan yang sehat sangat penting agar anak dapat nyaman dan menikmati perjalanan mudik.

Persiapkan Barang-Barang Si Kecil

Siapkan barang-barang yang kira-kira dibutuhkan kecil di perjalanan. Misalnya baju cadangan, mainan favoritnya, selimut, jaket, topi, kaos kaki, alat kebersihan, air mineral, serta cemilan favorit anak. Masukkan barang-barang tersebut dalam satu tas, agar tidak kesulitan mencarinya saat anak tiba-tiba rewel di perjalanan.

webinar umroh.com

Jauhkan Anak dari Stres

Anak yang merasa stres cenderung akan rewel di perjalanan. Penyebab si kecil stres biasanya adalah karena orangtua yang juga khawatir berlebihan terhadap hal-hal yang akan terjadi di perjalanan. Karena itu, usahakan agar orang tua tetap menikmati perjalanan mudik, agar anak tetap merasa nyaman di perjalanan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.