1
Kuliner

Saat Idul Fitri, Hidangan Manis Ini Banyak Ditemui di Turki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Perayaan Idul Fitri di Turki dikenal dengan nama ‘festival gula’ atau Şeker Bayramı. Pada hari itu, banyak orang-orang yang menyajikan makanan manis bagi tamu yang datang rumah, serta bagi anak-anak yang berkunjung ke rumahnya.

Di bawah ini adalah beberapa makanan manis yang akan kamu jumpai dan banyak disajikan saat hari raya Idul Fitri di Turki.

Baklava

Baklava merupakan makanan manis yang sangat khas dari Turki. Bahkan banyak juga orang yang terbang ke Turki hanya untuk mencicipi hidangan ini. Baklava merupakan tumpukan pastry dengan isian kacang yang dipanggang, lalu disajikan siraman sirup gula. Baklava ini juga merupakan salah satu hidangan khas yang disajikan saat hari raya Idul Fitri di Turki.

Sam Tatlisi dan Kalburabasti

Hidangan manis ini mirip dengan cake yang dipotong kecil-kecil, kemudian dimasukkan dalam rendaman sirup gula. Tekstur kue  seperti spons yang direndam sirup gula membuatnya menjadi lebih manis dan juicy. Sam Tatlisi memiliki aroma lemon sehingga rasanya lebih segar. Sam Tatlisi ini banyak menggunakan pistachio, sementara Kalburabasti banyak menggunakan kacang walnut.

Tulumba dan Lokma

Keduanya merupakan makanan manis yang banyak dijual di pinggir jalan di hari-hari biasa. Biasanya adonan mirip donat dibentuk bulat-bulat kecil, lalu digoreng dalam jumlah banyak. Setelah itu, adonan sudah matang dimasukkan dalam sirup gula. Proses memasak membuat teksturnya menjadi garing di luar, namun lembut berair dan manis di bagian tengahnya.

Kunafa

Hidangan yang berupa serabut-serabut pastry dengan isian kacang ini juga disajikan dengan siraman sirup gula. Pada saat Idul Fitri atau Ramadhan di Turki, banyak orang menyajikan Kunafa kepada tamu-tamu yang datang ke rumahnya.

Turkish Delight

Hidangan ini sangat identik dengan Turki. Turkish Delight ini adalah salah satu yang banyak dihidangkan saat hari raya Idul Fitri. Turkish Delight atau Lokum ini juga banyak dijual di toko-toko dengan berbagai macam bentuk warna dan rasa.

Bici-Bici

Makanan ini tidak semanis tulumba atau baklava, yang disajikan dengan siraman gula. Bici-bici yang juga banyak dijual sebagai streetfood ini merupakan jajanan yang dibuat dari susu dan tepung jagung. Adonan yang sudah padat kemudian disajikan bersama es serut dan air mawar.

webinar umroh.com

Cevizli Tas Kadayif

Hidangan berupa pancake ini dikenal dengan nama qatayef di daerah Timur Tengah lainnya. Hidangan ini berupa pancake yang diisi dengan kacang walnut atau kayu manis. Cevizli Tas Kadayif biasa disajikan hangat ini juga sering disajikan bersama es krim.

Cream Cake

Berbeda dengan tipikal makanan manis di Turki lainnya, yang menggunakan isian kacang dan sirup gula, ada juga makanan manis yang berupa cream padat. Cream cake ini biasanya ada di outlet Pastane. Ada beragam krim padat dengan beragam rasa untuk memuasKan lidahmu.

Es Krim Kahramanmaras

Ada juga es krim Kahramanmaras yang terkenal di Turki. Biasanya, es krim ini disajikan dalam cone atau potongan kecil, lalu diberi taburan kacang pistachio.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.