1
Tips

Ingin Cicipi Semua Makanan Enak Saat Lebaran? Ini Tips Agar Tidak Berlebihan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sudah menjadi tradisi di hari raya, banyak keluarga yang menghidangkan beragam makanan yang lezat. Masyarakat Indonesia senang menyajikan makanan-makanan yang berlemak saat Idul Fitri. Makanan yang berlemak dan bersantan memang lebih gurih dan nikmat.

Misalnya saja opor ayam, rendang, ketupat sayur, hingga kue-kue shortbread seperti nastar, kastengel, putri salju, dan sebagainya. Makanan-makanan sarat lemak tersebut tentunya tidak masalah jika kita mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup. Namun akan menjadi masalah jika kita mengkonsumsinya berlebihan.

Masalah paling sederhana yang timbul adalah berat badan yang meningkat, hingga naiknya kolesterol dan timbulnya penyakit-penyakit yang tidak ringan. Berikut ini adalah cara agar kita bisa tetap sehat, walau ada banyak makanan enak di hadapan kita.

Atur Porsi Makan

Beragam makanan enak yang di ada di depan kita memang sangat menggoda. Terlebih lagi suasana yang ramai dan hangat bersama keluarga, semakin membuat kita gembira dan nafsu makan menjadi meningkat. Tidak heran banyak orang yang kalap saat Lebaran, sehingga ia menyantap makanan yang berlemak terlalu banyak.

Mengkonsumsi semua makanan yang dihidangkan oleh keluarga, maupun oleh tuan rumah, bukan hal yang dilarang. Namun kita tetap harus memperhatikan porsi makan. Lebih baik kita makan dalam porsi kecil, terlebih jika kita memang ingin mencicipi semua makanan yang dihidangkan. Gunakan piring yang kecil, atau pastikan kamu tidak memenuhi piring dengan makanan yang kamu ambil.

Perbanyak Sayuran dan Buah Segar

Sayuran bisa menjadi penyeimbang makanan-makanan berlemak yang kita konsumsi. Karena itu, pastikan kita memenuhi piring dengan sayuran hijau, seperti selada dan hidangan sayur lainnya. Namun, kita harus tetap memperhatikan porsinya.

Kita juga bisa memperbanyak konsumsi buah, terutama buah-buah peluntur lemak, seperti lemon, mentimun, atau semangka.

Berhenti Makan sebelum Kenyang

Makanan yang banyak dan tampak menggoda ini sangat beresiko membuat orang menjadi kalap. Namun kita harus tetap mengontrol diri sendiri, jangan sampai tetap makan walaupun perut terasa sudah kenyang.

webinar umroh.com

Akan lebih baik jika kita berhenti makan sebelum kenyang, sesuai dengan anjuran Rasulullah. Dengan begitu, kita bisa bersilaturahmi dengan fokus tanpa rasa berat dan mengantuk karena perut yang kekenyangan.

Pilih Makanan yang Benar-Benar Ingin Kamu Konsumsi

Kita tidak harus, kok, mengkonsumsi semua makanan yang dihidangkan. Sangat diperbolehkan memilih makanan-makanan yang benar-benar ingin kita konsumsi. Dengan begitu, kita bisa lebih memuaskan lidah dan tidak berlebihan mengkonsumsi makanan saat Lebaran.

Hindari Makanan Manis

Makanan manis yang mengandung banyak gula adalah salah satu penyebab meningkatnya berat badan. Gula merupakan sumber energi, dan jika berlebihan maka akan disimpan dalam bentuk lemak. Karena itu, hindari makanan manis atau minuman manis saat Lebaran, untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Imbangi dengan Olahraga

Banyaknya asupan makanan dalam tubuh tentunya membuat tubuh menyimpan banyak energi. Salurkan energi tersebut dengan berolahraga rutin setiap pagi.

Berpuasa Syawal

Jika kita ingin agar kita nafsu makan tidak terus-terusan meningkat, kita bisa mengerem nafsu dengan melakukan ibadah puasa Syawal. Jangan lupa untuk tetap niatkan ibadah puasa Syawal karena Allah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.