1
Sejarah Islam

Apa yang Dilakukan Rasulullah Saat Idul Fitri?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada beragam perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di hari Idul Fitri atau Lebaran. Mulai dari takbiran, mudik, hingga halal bihalal. Idul Fitri menjadi salah satu momen yang menyenangkan bagi umat muslim di Indonesia. Hari raya Idul Fitri menjadi hari raya terbesar bagi muslim di Indonesia.

Berbeda dengan Indonesia, di negara lain hari raya yang paling besar sebenarnya adalah Idul Adha. Lalu bagaimana sebenarnya cara Rasulullah dalam merayakan hari raya Idul Fitri seusai beribadah puasa selama Ramadhan?

Dalam buku How Did the Prophet & His Companions Celebrate Eid?, dikisahkan Rasulullah dan para sahabat pertama kali menggelar perayaan hari raya Idul Fitri pada tahun kedua Hijriyah. Saat itu juga bertepatan dengan usainya Perang Badar.

Ada beberapa riwayat yang menyebutkan cara Rasulullah menyambut dan Malaikat delfitri Namun yang pasti di bawah di bawah ini adalah yang dilakukan Rasulullah pada 1 Syawal, setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Bertakbir

Rasulullah diriwayatkan mengumandangkan takbir di malam terakhir Ramadhan. Takbir itu dilakukan sepanjang malam hingga pagi hari pada tanggal 1 Syawal. Hal ini juga diperintahkan Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman, “dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikanNya kepadamu. Semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur”.

Jadi Allah memerintahkan kita untuk bertakbir untuk menyempurnakan ibadah puasa. Takbir yang kita kumandangkan tersebut sebagai cara agar kita menjadi umat yang bersyukur dengan segala rezeki yang diberikan Allah yang Maha Besar.

Memakai Pakaian Terbaik

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim, diceritakan bahwa di tanggal 1 Syawal, Rasulullah akan tampil sebaik-baiknya. Beliau mandi, kemudian memakai wangi-wangian, dan menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki.

Saat ini, hampir semua umat muslim sudah mengikuti sunnah Rasulullah ini. Karena itu, tidak jarang banyak yang memutuskan untuk membeli baju baru demi tampil terbaik di hari raya Idul Fitri.

webinar umroh.com

Makan sebelum Shalat Idul Fitri

Saat Idul Fitri, kita disunnahkan untuk makan sebelum shalat Ied. Hal ini merupakan salah satu yang dilakukan Rasulullah pada tanggal 1 Syawal. Karena pada hari Idul Fitri diharamkan untuk berpuasa, maka para ulama menyebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat Idul Fitri bisa mendatangkan pahala, sebagaimana orang-orang yang berniat berpuasa di hari hari biasa.

Makanan yang biasa dikonsumsi Rasulullah adalah kurma dengan bilangan yang ganjil. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Al Bukhari, diceritakan bahwa pada waktu Idul Fitri, Rasulullah tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil.

Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri merupakan salah satu sunnah Rasulullah. Pada tanggal 1 Syawal, beliau biasa menunaikan shalat Idul Fitri bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ada juga anak-anak yang ikut dalam jamaah beliau ketika melakukan salat Idul Fitri. Beliau juga diceritakan memilih jalan yang berbeda saat berangkat shalat atau pulang dari tempat shalat.

Salah satu sunnah Rasulullah lagi saat Idul Fitri adalah mengakhirkan pelaksanaan shalat Idul Fitri. Beliau diceritakan biasa melakukan shalat Idul Fitri pada saat matahari sudah setinggi tombak. Maksud dari mengakhirkan waktu shalat Idul Fitri ini adalah agar umat Islam bisa menunaikan zakat fitrah.

Mendatangi Keramaian

Dalam sebuah riwayat, diceritakan Rasulullah menemani Aisyah mendatangi sebuah pertunjukan atraksi tombak dan tameng di hari raya Idul Fitri. Saking asyiknya, dalam hadis riwayat Ahmad Imam Bukhari dan Imam Muslim, Aisyah sampai memunculkan kepala di atas bahu Rasulullah, sehingga dia bisa menyaksikan permainan itu dengan puas.

Mengunjungi Rumah Sahabat

Dari sinilah tradisi untuk silaturahim bermula. Rasulullah juga mengunjungi rumah para sahabat ketika hari raya Idul Fitri. Begitupun juga para Sahabat datang ke rumah Rasulullah untuk bersilaturahim. Mereka saling mendoakan kebaikan satu sama lain.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.