1
Tips

Jangan Panik, Ini Cara Membersihkan Noda Makanan di Baju

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Momen silaturahim dan halal bihalal saat lebaran tidak lepas dari berbagai macam suguhan yang disajikan. Melihat beragamnya suguhan yang disajikan, kita akan tergoda untuk mencicipi dan menikmati semuanya. Namun, suasana baik itu berubah ketika mengetahui ada noda makanan di baju baru yang kita kenakan. Tidak!

Jangan khawatir, karena kita bisa menyelesaikannya dengan beberapa langkah di bawah ini.

Membersihkan Noda Minyak

Makanan-makanan enak saat Lebaran biasanya mengandung banyak lemak dan minyak  sehingga rasanya jadi lebih gurih dan nikmat. Namun makanan yang kebanyakan berkuah itu bisa saja terciprat atau jatuh dan menempel di baju.

Sayangnya, kuah yang bercampur minyak itu bisa saja sangat sulit dihilangkan, jika tidak segera ditangani. Jangan khawatir, karena kita bisa mengatasinya dengan segera mengoleskan sabun cuci piring ke daerah yang terkena saus. Begitu sampai di rumah, rendam baju yang terkena noda minyak dengan air dan deterjen. Kucek dan bilas seperti biasa.

Menghilangkan Noda Saus

Ada beberapa hidangan yang akan lebih nikmat dinikmati dengan saus. Namun jika saus tersebut menempel di baju, tentunya kita akan merasa sedih dan jengkel.

Jangan sedih, karena selalu ada cara untuk menghilangkan noda saus. Jika kamu sedang tidak ada di rumah, pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengoleskan cairan sabun pencuci piring ke daerah pakaian yang terkena noda saus.

Begitu sampai di rumah, rendam baju dengan air yang telah dicampur dengan cuka.  Setelah didiamkan selama beberapa lama, noda akan tampak memudar dan kita bisa menyingkatnya dengan air dan deterjen.

Membersihkan Noda Coklat

Siapa yang bisa menolak hidangan penutup dengan saus coklat atau krim coklat? Sayangnya hidangan tersebut bisa saja jatuh atau tumpah ke baju jika tidak hati-hati. Jika ini terjadi, jangan khawatir. Segera oleskan susu pada pakaian yang terkena noda coklat. Lemak dalam susu akan mengangkat coklat beserta dengan warna yang ditinggalkannya.

webinar umroh.com

etelah itu, gunakan sikat gigi dan deterjen untuk menggosok noda coklat pada baju. Bilas dan gosokin noda hingga hilang. Perhatikan, jangan gosok tahu keras jika bajumu adalah baju yang berbahan tipis dan lembut.

Membersihkan Noda Kopi

Jika kopi yang dihidangkan tidak sengaja tumpah dan mengenai baju, jangan panik. Segera oleskan deterjen ke area yang terkena noda kopi. Setelah didiamkan berapa menit, segera gosok hingga noda tersebut hilang.

Menghilangkan Noda Buah

Buah-buahan yang disajikan saat Lebaran juga bisa saja meninggalkan noda di baju, lho. Misalnya buah naga, berry, atau buah-buahan dengan warna cerah lainnya. Buah-buahan yang tidak sengaja terjatuh di pakaian bisa meninggalkan noda yang akan sulit dihilangkan.

Cara untuk mengatasinya adalah segera membilasnya dengan air begitu terkena noda dari buah. Akan lebih baik jika kita bisa membilasnya hingga noda tersebut hilang. Sesampainya di rumah, segera rendam baju dengan menggunakan air yang dicampur dengan perasan lemon dan deterjen. Setelah direndam selama minimal 30 menit, segera cuci seperti biasa hingga noda hilang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.