1
News

Rakhia Ismail, Walikota di Inggris Pertama yang Berhijab

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Inggris memiliki satu lagi walikota yang beragama muslim. Istimewanya, kali ini walikota atau mayor yang terpilih ini adalah wanita dan berjilbab. Ia adalah Rakhia Ismail. Wanita kelahiran Somalia ini terpilih menjadi walikota Islington, di London utara.

Datang ke Inggris sebagai Pengungsi

Rakhia Ismail datang ke Inggris sebagai pengungsi di tahun 1980-an. Ia kemudian terpilih menjadi anggota dewan mewakili Holloway. Ia gencar mengkampanyekan untuk melawan rasisme dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kejahatan, terutama yang terjadi pada komunitas orang-orang Somalia di Inggris.

Dilansir dari islingtontribune.com, Rakhia mengungkapkan bahwa ia senang bisa mengambil peran sebagai walikota. Ia merasa bangga dan bahagia, sekaligus merasa terhormat. Rakhia mengungkapkan bahwa saat itu adalah waktunya Islington untuk bersatu.

Disambut Baik oleh Warga dan Komunitas Muslim

Pengangkatannya sebagai walikota mendapat sambutan baik, terutama bagi wanita berhijab di kota Islington. Banyak wanita berhijab yang mengajaknya berfoto di hari ia dilantik. Rakhia kini menjadi sosok inspirasi bagi seluruh wanita muslim di kota itu.

Menjadi Role Model

Saat hadir di acara buka puasa bersama atau Iftar di Finsbury Park Mosque, banyak orang yang mengelu-elukan kehadirannya. Salah seorang anggota komite masjid, Aisha Abdi, mengatakan bahwa Rakhia telah menjadi role model bagi seluruh wanita Somalia.

Aisha menganggap bahwa menjadi walikota merupakan kesempatan bagus bagi generasi wanita yang lebih muda, agar mereka mengetahui sejauh mana langkah yang bisa diambil oleh mereka. Aisha mengungkapkan bahwa seluruh anggota komunitas Somalia sangat bangga kepadanya.

Menekankan Akan Mengayomi Seluruh Warga

Banyaknya dukungan yang ia terima tidak membuat Rakhia hanya mengutamakan kelompoknya saja. Ia menekankan bahwa tugasnya adalah untuk mengayomi seluruh anggota masyarakat dan komunitas etnis lainnya.

Rakhia mengatakan bahwa terpilihnya dirinya mencerminkan persatuan dan keberagaman yang ada di Islington. Inilah yang ia inginkan, dan ke depannya, ia berharap seluruh UK juga menjunjung tinggi persatuan dan menghargai keberagaman.

webinar umroh.com

Tujuan yang Ingin Diraihnya

Rakhia ingin membantu pihak-pihak yang suaranya jarang didengar. Bukan hanya komunitas muslim, namun seluruh pihak yang merasa terabaikan. Rakhia juga ingin meningkatkan jumlah donasi untuk membantu warga disabilitas. Selain itu, Rakhia juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental.

Sebelum terjun ke dunia politik, Rakhia adalah seorang desainer dan mempelajari desain pola di London College of Fashion. Ketika ditanya mengenai jubah walikota yang dikenakannya, ia memiliki komentar tersendiri. Walikota di Inggris memang memiliki jubah lengkap dengan ornamen di bagian leher dan topi yang unik. Ia menganggap jubah yang dikenakannya itu sangat “menyenangkan”.

Pesan kepada Generasi Muda

Rakhia Ismail berkeyakinan bahwa perubahan akan terjadi jika kita melibatkan diri dalam perubahan tersebut. Tidak ada yang akan mengundangmu untuk menjadi bagian dari perubahan. Karena itu, kita harus mengajukan diri sendiri dan mempelajari bagaimana keputusan-keputusan dibuat, termasuk siapa saja yang berperan dalam perubahan.

Rakhia mengaku bahwa perannya dalam menjadi walikota sangat menarik dan memberinya pengalaman baru. Selamat bertugas, Rakhia!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.