1
Muslim Lifestyle

7 Hal Ini Juga Merupakan Sedekah, Lho

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selama ini, banyak orang mengenal sedekah sebagai kegiatan memberikan barang atau uang kepada orang lain. Namun sebenarnya, sedekah tidak melulu harus dengan harta yang kita miliki. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita sedekahkan kepada orang lain.

Senyum

Senyum merupakan sedekah yang paling ringan. Walaupun ringan, efek dari senyum sangat luar biasa. Senyum yang ditunjukkan kepada sesama manusia akan menciptakan hubungan baik yang penuh dengan kehangatan dan kegembiraan.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, bahwa “senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah”. Ada lagi sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dalam hadist tersebut, Rasulullah bersabda, “janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu”.

Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam juga merupakan salah satu bentuk sedekah yang ringan. Salam dalam Islam (Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh) merupakan doa baik yang disampaikan kepada sesama. Jika kita meniatkan salam sebagai sedekah, maka doa yang kita sampaikan tersebut akan memiliki nilai pahala di mata Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Setiap bertemu dengan saudara sesama muslim, ucapan yang sebaiknya kita dahulukan adalah ucapan salam. Ucapan salam akan membuat hati menjadi lebih hangat dan akrab, sehingga tercipta hubungan persaudaraan yang baik.

Menyingkirkan Benda Berbahaya di Jalan

Jika ada barang-barang berbahaya di jalanan, seperti paku, duri, benda tajam, atau batu, hal tersebut bisa membuat orang lain celaka dan menghambat perjalanannya. Karena itulah jika menyingkirkan gangguan tersebut, kita juga akan mendapatkan pahala sedekah dari Allah.

Mendamaikan Orang yang Bertikai

Pertikaian adalah hal yang sangat tidak baik jika dibiarkan berlarut-larut. Karena itu jika ada orang yang mengambil peran untuk mendamaikan dua pihak atau lebih yang bertikai, maka ia akan mendapatkan pahala sedekah.

Damaikan orang yang bertikai, karena itu akan membuat suasana menjadi semakin damai dan hangat.

webinar umroh.com

Menghilangkan Beban Orang Lain

Ketika ada orang yang tampak kesulitan, entah itu kesulitan dalam membawa barang bawaan, kesulitan menyeberang jalan, dsb, maka meringankan kesulitan tersebut juga akan memberikan nilai pahala sedekah kepada kita. Karena itu jangan enggan menolong orang lain, agar kita juga mendapat banyak pahala sedekah.

Mengucapkan Kalimat yang Baik

Kalimat yang baik, seperti pujian atau motivasi yang membesarkan hati, akan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan ceria. Dengan kebahagiaan yang disebarkan tersebut, kita akan sedikit meringankan beban orang lain. Inilah yang membuat orang yang mengucapkan kalimat-kalimat yang baik (baik berupa pujian, motivasi, atau kalimat yang bernada perhatian), maka hal tersebut juga akan bernilai sedekah bagi kita.

Berjalan ke Masjid

Setiap langkah kita menuju shalat adalah sedekah. Semakin panjang langkah yang kita ambil, maka semakin banyak nilai pahala yang akan kita dapatkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.