1
Motivasi Muslim Lifestyle

Dosa Dahulu, Saya Tidak Ingin Allah Marah pada Saya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Takut dan Mencintai Allah

Keinginan Anda untuk kembali ke masa lalu dan tidak pernah melakukan dosa-dosa ini adalah normal dan alami. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mencintai Allah dan takut untuk melawan apa yang Dia perintahkan agar kita hindari. Namun pada kenyataannya, Anda tahu bahwa Anda tidak dapat kembali. Namun, menjadi seorang Muslim yang sadar, Anda tahu bahwa dosa-dosa Anda diampuni karena Allah dalam Rahmat-Nya memberi tahu hal ini dalam Al-Qur’an. Jauh di lubuk hati Anda mungkin tahu bahwa Anda diampuni karena Anda mungkin telah mencari pertobatan yang tulus.

Pikiran yang Berlebihan

Anda tahu secara Islam bahwa Allah mengampuni kita jika kita sungguh-sungguh bertobat. Namun, Anda masih fokus dan terobsesi dengan pemikiran tidak diampuni. Anda juga memiliki pikiran yang meninjau kembali masa lalu dengan memikirkan dosa-dosa Anda. Anda sering memikirkan hal-hal ini, dan tampaknya pikiran-pikiran ini mengganggu.

Pemikiran Anda terus-menerus tentang dosa-dosa masa lalu Anda mungkin, memang, merupakan tanda kecemasan atau gangguan obsesif-kompulsif (OCD) karena itu adalah pikiran yang tidak diinginkan dan mengganggu yang tidak dapat Anda singkirkan. Secara rasional, Anda memiliki pengetahuan Islam yang cukup untuk mengetahui bahwa Allah memang mengampuni dan penuh belas kasihan. Oleh karena itu, Anda yang terlalu memikirkan hal-hal ini dapat menandakan masalah kesehatan mental, masalah yang dapat diselesaikan dengan insya Allah.

Kegelisahan

Sering kali ketika kita memiliki kondisi kecemasan, itu dapat bermanifestasi dalam berbagai cara. Beberapa cara adalah serangan panik, cara lain adalah perilaku yang berulang-ulang beberapa orang mengalami ketakutan yang mendalam, yang lain memiliki pikiran yang mengganggu dan tidak diinginkan. Saya tidak menyatakan itu yang Anda miliki, tetapi saya meminta insya Allah, Anda mencari penasihat di daerah Anda untuk penilaian. Mungkin Anda mengalami beberapa bentuk kecemasan. Saya tidak dapat mendiagnosis Anda, hanya seorang konselor yang melakukan penilaian terhadap Anda yang dapat sampai ke akar pikiran yang tidak diinginkan ini tentang dosa.

Penilaian & Konseling

Saya menyarankan agar Anda mendapatkan penilaian dan konseling yang sedang berlangsung untuk menyelesaikan masalah ini, insyaAllah. Saya dapat menyarankan insya Allah, agar Anda mulai mengeksplorasi perasaan dan gejala lain yang mungkin Anda miliki dan yang mungkin terkait dengan kecemasan. Anda mungkin ingin memeriksa formulir online dan artikel yang berkaitan dengan gejala kecemasan dan OCD. Bahkan ada kuesioner-sendiri yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah Anda memiliki gejala, tetapi sekali lagi itu bukan diagnostik. Mereka hanya perkiraan kasar tentang seberapa tinggi skala kecemasan yang Anda nilai.

Nasihat yang paling bermanfaat, insya Allah, adalah mencari konseling dan memulai perjalanan penyembuhan sehingga Anda dapat benar-benar meletakkan semua ini di belakang Anda.