1
Muslim Lifestyle

Menjadi Pribadi yang Penuh Cinta dengan 6 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Cinta atau Mahabbah adalah salah satu komponen penting dalam hidup di dunia. Dengan cinta, hidup di dunia akan semakin tentram dan menyenangkan. Perasaan tersebut bukan hanya harus ada pada sepasang suami istri, namun juga harus disebarkan kepada orang-orang di sekeliling kita.

Sebelum kita mengharapkan cinta dari orang lain, akan lebih baik jika kita merubah diri menjadi seseorang yang penuh cinta. Seseorang yang penuh cinta biasanya adalah orang yang mengesankan dan setiap orang nyaman berada di dekatnya. Apakah kamu ingin menjadi pribadi yang penuh cinta? Di bawah ini, adalah 6 langkah agar kita menjadi pribadi yang penuh cinta.

Cintailah Dirimu Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, belajarlah untuk mencintai dirimu sendiri. Jika kamu belum mampu untuk mencintai dirimu sendiri, tentu kamu akan kesulitan untuk memberikan cinta kepada orang lain, karena kamu belum memilikinya di dalam diri.

Mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan cara berkata positif pada diri sendiri, dan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Memberikan yang terbaik untuk diri sendiri bukan untuk berbuat egois, namun untuk menghargai nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada dirimu sendiri.

Ingatlah bahwa Tidak Ada Orang yang Sempurna

Orang yang penuh cinta biasanya tidak sampai hati untuk mengkritik kekurangan orang lain. Agar menjadi pribadi yang penuh cinta pada orang lain, selalu ingat bahwa tidak ada orang yang sempurna.

Setiap orang pasti memiliki kekurangan-kekurangan tertentu. Walaupun ada kekhilafan yang diperbuat, selalu ada kebaikan kebaikan bisa diingat, serta kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

Sebelum memberikan kritik pedas, motivasi mereka untuk memaksimalkan kelebihan yang dimiliki agar bisa berkembang.

Jangan Berusaha Mengubah Orang Lain 

Di antara orang-orang yang kamu kenal, bisa jadi ada orang-orang yang menurutmu menyebalkan atau tidak menyenangkan. Terhadap sikap dan sifat yang mereka miliki, janganlah serta merta menyuruh mereka untuk berubah. Siapa tahu, bukan kekurangan mereka yang bermasalah, namun cara kita dalam memandang kekurangan orang lain.

webinar umroh.com

Setiap orang memiliki keunikan, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Jika ada yang melampaui batas, memberikan nasehat dengan lembut tidak dilarang. Akan tetapi, jika kita memaksakan kehendak dan meminta mereka untuk berubah, tentu hal tersebut akan membuat mereka tidak nyaman.

Orang yang penuh cinta mengetahui bahwa yang bisa merubah seseorang adalah Hidayah dari Allah. Jika kita benar-benar ingin orang tersebut berubah demi kebaikannya, nasehati dengan lembut, lalu doakan kebaikan untuknya.

Biasakan untuk Tidak Menghakimi Orang Lain

Jangan biarkan hati dipenuhi dengan rasa tidak suka terhadap orang lain. Orang-orang yang hatinya dipenuhi dengan rasa benci cenderung mudah menghakimi orang lain. Mereka mudah melihat kekurangan orang lain, dan memberikan penilaian sesuai standarnya sendiri.

Agar menjadi pribadi yang penuh cinta, fokuslah pada kebaikan dan kelebihan yang dimiliki orang lain, lalu berikan apresiasi dan pujian. Pujian yang tulus ajaibnya akan membuat hati kita lebih lapang dan penuh cinta, lho. Kebiasaan itu bisa membuat hati menjadi lebih bersih dan tidak dipenuhi rasa benci terhadap orang lain.

Jadilah Seseorang yang Ingin Kau Temui

Jika kamu ingin bertemu dengan orang-orang yang murah senyum, jangan menyuruh orang lain untuk tersenyum manis kepadamu. Jadilah orang yang senantiasa tersenyum.

Jika kamu ingin bertemu dengan seseorang yang baik dan pengertian, jangan memaksa orang lain untuk mengerti dirimu. Jadilah orang yang mau mengerti keadaan orang lain.

Mengharapkan orang lain menjadi apa yang kita inginkan adalah hal yang dan sia-sia. Lebih baik kita berfokus untuk merubah diri sendiri menjadi orang yang ingin kamu temui.

Belajarlah Mengabaikan Perbuatan Orang-orang yang Menyakiti

Orang-orang yang kita temui tidak selalu memiliki perilaku yang menyenangkan. Ada juga orang-orang yang diizinkan Allah untuk melakukan sesuatu yang menyakiti diri kita.

Jika ada orang-orang yang menyakiti, abaikan perbuatan yang mereka lakukan. Anggap mereka sebagai ujian, dan lihat mereka sebagai manusia biasa yang bisa saja memiliki kekurangan. Orang yang penuh cinta akan mendoakan kebaikan agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.