1
Kuliner Travel

3 Makanan Praktis bagi Kamu yang Sedang Berkeliling Istanbul

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menjelajah Istanbul memang tidak ada habisnya. Ada banyak masjid untuk dijelajahi, museum, bukit-bukit, hingga menyebrang ke sisi Asia. banyak pemandangan menarik yang bisa kita nikmati di Istanbul.

Saat lelah berkeliling, tiba waktunya kita harus mencari makanan. Perut yang lapar harus segera diisi. Namun banyaknya tempat yang harus kita kunjungi di Istanbul, membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk duduk dan menikmati makanan.

Untungnya, Istanbul punya beragam makanan cepat saji yang bisa kita nikmati di sepanjang perjalanan. Contohnya adalah beberapa kuliner Turki di bawah ini.

Kumpir

Kumpir adalah kuliner khas Turki berupa kentang panggang. Namun tidak seperti kentang panggang khas Amerika, yang disajikan dengan krim asam dan bacon, kentang panggang ala Turki ini memiliki cara penyajian yang luar biasa.

Di atas Kentang yang telah dipanggang utuh itu, pedagang akan memberi beragam topping, mulai dari zaitun, tomat, sosis, acar, couscous, hingga salad kentang. Pokoknya, apapun topping yang kita mau, pedagang akan menaruhnya di atas kentang panggang yang kita pesan.

Mungkin bagi orang yang baru melihatnya, Kumpir tampak aneh. Pedagang akan menaruh berbagai macam topping di atasnya hingga tampak berkesan berantakan. Beragam topping itu bahkan sampai membuat kentang panggangnya sendiri tanpa tenggelam. Namun inilah ciri khas istimewa yang membuat Kumpir tampak menggoda.

Kentang panggang dengan beragam topping ini disajikan di atas piring kertas dan kita bisa menikmatinya dengan sendok plastik. Lezat!

Çiğ Köfte

Çiğ Köfte merupakan salah makanan cepat saji yang banyak ditemui di Turki. Hidangan utama yang disajikan disini adalah Çiğ Köfte, yang artinya adalah daging mentah. Daging mentah?

webinar umroh.com

Dahulu, kuliner Turki ini memang terbuat dari daging mentah yang dikepal-kepalkan. Namun setelah ada peraturan yang melarang menjual makanan dari daging mentah, kini daging sebagai bahan utama Çiğ Köfte dibuat versi tiruan. Ada yang terbuat dari gandum bulgur atau pasta almond.

Di dalam gerobak pedagang, ada tumpukan mirip daging cincang yang siap diambil. jika ada pembeli yang memesan. Setelah pembeli memesan jumlah yang diminta, pedagang akan mengambil daging mentah tiruan itu dari tumpukan. Daging yang diambil kemudian dikepal-kepal dengan menggunakan tangan.

Çiğ Köfte ini akan dinikmati dengan roti dan selada. Roti pipih dengan isi Çiğ Köfte dan selada kemudian digulung agar lebih mudah dinikmati.

Mini Burger yang Basah

Memangnya enak menikmati burger yang basah? Di daerah Taksim Square, kita bisa menemui pedagang yang menjual burger kecil yang tampak lembab. Roti burger itu dipasang di sebuah display hangat untuk menjaga kehangatan serta kelembabannya. Lembabnya burger itu berasal dari uap yang berasal dari kukusan.

Ketika ada yang mau memesan, pedagang akan mengambil roti dari lemari penghangat itu, kemudian mengisinya dengan daging panggang dan beragam sayuran. Kemudian burger itu akan dibungkus dengan kertas putih, dan siap untuk dinikmati.

Walaupun makanan ini tampak sederhana, namun saat mencicipinya rasanya, lumayan enak dan bisa dijadikan bekal untuk kamu yang sedang berkeliling Istanbul.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.