1
Motivasi Muslim Lifestyle Parenting

Kepercayaan 6-Tahun-Kurang Sensitif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan adalah untuk membantu anak-anak kita mengembangkan cinta Islam sejak awal dan ini akan membawa semua aspek lain dari kehidupan mereka ke jalan yang benar.

Salah satu masalah yang dihadapi orang tua dalam mencoba melakukan ini, adalah bahwa kita sering tidak tahu di mana, kapan, atau bagaimana memulainya. Salah satu cara terpenting untuk memulai adalah dengan melihat bagaimana Nabi Muhammad (damai dan berkah besertanya) berbicara dan bertindak dengan anak-anak dan orang lain dalam hidupnya.

Kita tahu bahwa dia memperlakukan anak-anak dengan kebaikan hati, mengajar mereka melalui permainan dengan cara yang sangat lembut dan lucu. Dia mendengarkan mereka dengan hormat. Dia turun ke tanah dan bermain dengan mereka. Sekarang, mari kita lihat bagaimana menerapkannya dalam kehidupan kita hari ini.

Sangat penting bahwa kita menetapkan pedoman dan aturan untuk diikuti anak-anak kita. Pilih maksimum lima atau enam hal yang Anda rasa perlu diperbaiki kemudian duduk bersama putri Anda di tempat yang menyenangkan dan diskusikan secara singkat dengannya. Bersama-sama, buatlah aturan.

Misalnya, jika Anda ingin anak Anda menjaga mainannya dan hal-hal lain dengan rapi, maka diskusikan dulu. Diskusikan mengapa barang-barang kita harus dijaga dengan cara tertentu — untuk menjaganya dalam kondisi yang baik, karena ruang yang terbatas, dan sebagainya. Lalu tunjukkan padanya cara menyimpannya dengan benar.

Setelah ini, Anda dapat mengatur waktu tertentu bahwa ini harus dilakukan, katakan satu jam sebelum tidur. Kapan pun Anda memilih, Anda dan putri Anda harus melakukan pemeriksaan kamar bersama — kamar Anda dan miliknya! Itu benar, Anda harus memberi contoh kamar yang bersih, jika tidak dia tidak akan pernah mengikuti aturan.

Pastikan bahwa aturan yang Anda atur mencakup perilaku umum; misalnya, menyingkirkan barang-barang, daripada memiliki tiga aturan berbeda untuk membuang pakaian, membuang mainan, dan menyimpan buku. Ini membuat aturan lebih mudah untuk diikuti dan mereka akan menjadi kebiasaan seumur hidup.

Setelah mengatur sistem ini, Anda tidak perlu berteriak padanya. Siapkan hadiah untuk saat aturan diikuti. Jika aturan tidak diikuti, ingatkan dia tentang aturan itu dengan tenang. Buat pengingat kedua, lalu akhirnya jelaskan bahwa dia tidak akan mendapatkan hadiah untuk aturan itu jika dia melanggarnya. Bersikaplah konsisten dan tegas, namun baik dan penuh kasih. Omong-omong, berhati-hatilah untuk tidak melanggar aturan sendiri! Ajarkan dengan contoh.

webinar umroh.com

Membanggakan kepercayaan dirinya

Mengembangkan rasa percaya diri anak Anda adalah penting. Anda dapat membantu ini dengan mendengarkannya dan memuji ide-ide bagusnya, pekerjaan, dan perilakunya. Berikan tugas dan aktivitas independennya untuk dilakukan di rumah Anda. Ini akan membantunya melihat dirinya sebagai orang yang bertanggung jawab, dan tidak hanya mengikuti instruksi Anda. Beri dia kesempatan untuk membuat pilihan dengan Anda. Misalnya, “Apakah kita akan membuat spageti atau ayam untuk makan malam malam ini?” Pastikan hal-hal yang harus dia pilih adalah hal-hal yang ingin Anda lakukan.

Saat kepribadiannya berkembang di rumah, Anda harus memperhatikan beberapa perubahan saat dia bersama teman-temannya. Anda dapat mendorongnya untuk menyarankan beberapa permainan atau kegiatan yang harus dilakukan saat dia bersama mereka.

Yang paling penting, berlatih Islam bersama. Jika Anda belum melakukannya, berdoalah sebagai keluarga, baca Al-Qur’an sebagai keluarga, dan diskusikan Hadis dan Sunnah Nabi (damai dan berkah besertanya). Sisihkan waktu setiap malam untuk mempelajari du`aa ’baru atau menghafal satu atau dua ayat Al-Qur’an. Inilah saatnya untuk menjadikan Islam bagian dari hatinya.