1
Kuliner

Pistachio, Kacang Hijau Keunguan Favorit Warga Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tahukah kamu, bahwa pistachio sebenarnya bukan kacang? Pistachio sebenarnya adalah biji yang memiliki cangkang berwarna pucat. Kacang ini cukup keras, namun cenderung mudah dibuka.

Banyak Disukai

Bagian dalam cangkang itu berwarna hijau dengan sedikit selaput berwarna keunguan. Bagian inilah yang dikonsumsi, dan banyak disebut sebagai kacang pistachio. Rasa bagian dalam biji (kacang pistachio) ini manis dan gurih alami, dengan sedikit aroma kayu yang justru membuatnya semakin sedap. Tidak heran, banyak orang menyukai kacang ini.

Banyak Tumbuh di Persia

Pistachio tumbuh dengan baik di daerah pegunungan Afghanistan, Turkmenistan, dan Iran. Pistachio kini menjadi salah satu komoditi Iran, setelah minyak dan tekstil.

Pistachio banyak ditanam di provinsi Kerman. Banyaknya produksi pistachio membuatnya diekspor ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pistachio menjadi salah satu makanan yang sering disuguhkan oleh orang-orang yang baru saja pulang dari Tanah Suci.

Di daerah tersebut, pistachio telah ditanam selama sekitar 3.000 tahun. Dahulu, warga Persia menjadikan pohonnya sebagai bagian dari kisah romantis.  Diceritakan dalam kisah Persia kuno, sepasang kekasih akan bertemu di bawah pohon pistachio untuk mendengarkan cangkang pistachio yang terbuka. Jika bisa mendengarnya, maka itu pertanda masa depan yang bahagia.

Menjadi Kudapan Favorit

Pistachio juga sangat lekat dengan kehidupan masyarakat di sana. Karena banyak tumbuh di Iran, pistachio banyak dinikmati warga sebagai kudapan favorit. Banyak rumah di Iran menghidangkan pistachio sebagai kudapan untuk disuguhkan kepada tamu.

Di Timur Tengah, pistachio sering menjadi kudapan yang dimakan apa adanya. Kulit pistachio dibuka, kemudian dinikmati bersama dengan teh atau kopi saat bercengkrama dengan teman atau kerabat. Ada juga yang suka jika kacang ini dipanggang terlebih dahulu untuk membuat rasanya lebih tajam.

Memperkaya Rasa Masakan

Banyak juga makanan Timur Tengah yang menggunakan kacang pistachio sebagai salah satu bahannya. Isi dari kacang (biji) pistachio ini juga sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat makanan manis di Timur Tengah. Mulai dari digunakan sebagai isian baklava, kunafa, atau menjadi taburan di berbagai macam dessert lembut, seperti layali lubnan, halawet al jibn, atau halwa. Bahkan ada yang menjual es krim rasa pistachio, lho.

webinar umroh.com

Pistachio juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat hidangan utama. Misalnya disajikan bersama salad, atau dimasukkan dalam hidangan berbahan ayam, daging domba, sayur, dan ikan.

Bermanfaat Bagi Kesehatan

Pistachio juga memiliki banyak kandungan bermanfaat. Di dalam kacang yang gurih ini, terkandung potasium, yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ada juga pitosterol, senyawa yang membantu menurunkan kadar kolestrol jahat. Pistachio juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa menjaga tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker. Banyaknya manfaat pistachio membuat kacang ini menjadi cemilan yang tidak hanya enak, namun juga sehat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.