1
Travel

Wajib Tahu! Ini Sebab Lombok Jadi Destinasi Wisata Halal Utama Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pulau Lombok di NTB telah lama dikenal karena keindahannya. Selain dikunjungi wisatawan lokal, Lombok juga banyak dikunjungi wisatawan asing. Salah satu obyek wisata menarik di Lombok adalah pantai-pantainya yang indah.

Dihuni oleh mayoritas agama Muslim, ternyata membuat Lombok menjadi pembeda dari Pulau Bali. Wisatawan muslim yang ingin menikmati keindahan pantai, namun tetap ingin mendapatkan kemudahan (seperti menemukan makanan halal atau tempat sholat) akan memilih Lombok.

Lebih lanjut, hal berikut ini yang membuat Lombok semakin gencar mempromosikan wisata halal.

Banyak Terdapat Masjid dan Tempat Sholat

Karena dihuni mayoritas muslim, Lombok juga dikenal dengan masjid-masjidnya. Pura Hindu juga banyak ditemukan, karena memang lokasinya tidak jauh dari Bali. Namun bangunan masjid di Lombok lebih banyak, hingga membuatnya dijuluki “Pulau 1.000 Masjid”. Kondisi ini tentu sangat menyenangkan bagi wisatawan muslim. Mereka bisa menemukan tempat sholat dengan mudah ketika waktu sholat wajib tiba.

Masjid terbesar di Nusa Tenggara Barat juga terletak di Lombok, yaitu Masjid Islamic Center di Mataram. Masjid ini juga terbuka bagi turis nonmuslim yang ingin mengenal Islam lebih dekat.

Banyak Hotel yang Ramah Muslim

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata, menemukan penginapan di Lombok bukan hal yang sulit. Terlebih lagi, banyak hotel di Lombok yang sudah mendapat sertifikasi sebagai hotel Syariah, yang diperoleh dari Crescent Rating.

Untuk mendapat sertifikasi, hotel harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya harus memiliki penanda kiblat, ada Al Qur’an di setiap kamar, serta di dapurnya menyajikan makanan halal. Hotel Syariah ini juga tidak menyediakan channel TV ‘dewasa’, serta harus memastikan fasilitas air mengalir lancar.

Makanan Halal Mudah Ditemui

Berbeda dengan Bali, makanan halal di Lombok sangat mudah ditemui. Banyak restoran, yang menyajikan hidangan lokal dan internasional, memiliki sertifikat halal. Selain itu, restoran makanan laut dan vegetarian juga banyak ditemukan. Restoran halal juga bisa ditemukan di Gili Trawangan. Banyak juga rumah makan sederhana yang dibuka oleh warga muslim Lombok. Makanan cepat saji yang membuka cabang di Lombok juga memiliki sertifikat halal.

webinar umroh.com

Tempat Wisata yang Ramah Muslim dan Berfasilitas Lengkap

Ada beragam objek wisata yang bisa ditemui di Lombok. Ada pantai-pantai yang indah, seperti yang ada di Senggigi, Selong Belanak, Mawun, atau Tanjung Aan. Pantai indah juga terdapat di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air (tiga pulau kecil yang tidak jauh dari Lombok). Di sana, banyak wisatawan yang berlibur bersama keluarga atau bulan madu.

Pantai-pantai indah di Lombok relatif tidak sepadat yang ada di Bali. Selain itu, fasilitas di pantai juga ramah muslim, seperti restoran yang menyediakan makanan dan minuman halal, serta tempat sholat yang tidak jauh.

Pantai di Lombok juga memungkinkan wisatawan menikmati berbagai aktivitas air, seperti snorkeling scuba diving, berselancar, dan memancing.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.