1
Muslim Lifestyle

Subhanallah, Ini 4 Keutamaan Hari Jumat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menurut islam, hari Jumat adalah hari yang paling utama dalam satu minggu tersebut. Dikenal juga sebagai hari yang penuh berkah karena banyak peristiwa penting yang terjadi dan menyangkut tentang agama islam. Banyak juga hadis yang menyebutkan mengenai keutamaan hari Jumat dan juga juga hal – hal yang disarankan untuk dilakukan supaya Anda mendapatkan keberkahan di dalamnya.

Terdapat sebuah riwayatyang menjelaskan bahwa di hai jumat dimana matahari terbit di dalamnya. Dan di hari Jumat juga Nabi Adam As dilahirkan, dimasukkan ke surga, dan juga dikeluarkan. Di hari Jumat juga hari kiamat terjadi. Ada riwayat juga yang mengatakan bahwa jika ada jenazah yang dimakamkan pada hari jumat maka akan bebas siksa kubur. Berikut keutamaan hari Jumat lainnya :

Baca juga : Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan Sholat Jumat

Keutamaan Hari Jumat

1. Hari Penuh Berkah

Umroh.com merangkum, keutamaan pada hari Jumat yang pertama adalah satu hari di dalam satu minggu yang memiliki banyak berkah. Hal itu dipercaya oleh para umat islam karena sudah disampaikan bahwa di setiap solat jumat Anda akan mendapatkan khutbah yang berisi mengenai informasi seputar agama islam yang bisa ada pahami dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Selain itu, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah mengatakan bahwa di hari Jumat Anda bisa mendapatkan 33 lebih kebaikan dari Allah SWT. Niscaya juga segala sesuatu yang diinginkan bisa dikabulkan. Dalam keberkahan pada hari Jumat akan bisa Anda dapatkan apabila dilakukan secara ikhlas dan tidak mengharapkan apapun terhadap orang yang bersangkutan. Mintalah apa yang Anda inginkan kepada Allah SWT karena dia zat yang maha mendengar dan maha melihat.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Solat Jumat

Allah SWT telah memberikan karunia yang berlimpah pada hari jumat, contohnya dengan melaksanakan solat Jumat bagi para laki – laki. Diantara banyaknya hal tersebut, Anda akan mendapatkan ampunan berupa dihapuskan segala dosa dan juga kesalahan diantara Jumat yang satu dengan Jumat setelahnya. Dengan solat Jumat juga dapat menyempurnakan Islam bagi orang yang beriman agamanya.

Umroh.com merangkum, terdapat sebuah firman yang mengatakan bahwa di hari Jumat telah disempurnakan agama islam dan juga dicukupkan nikmat dan ridho  islam menjadi agama. Dan untuk laki – laki, Anda mendapat kebaikan yang lebih juga lebih awal untuk datang ke masjid untuk melaksanakan solat Jumat. Sebelum Anda sampai ke masjid, langkah Anda akan dihitung sebagai bentuk pahala yang diterima.

Perlu Anda ketahui supaya dosa Anda benar – benar dihapuskan ketika Jumat satu dengan Jumat setelahnya adalah harus terpenuhinya syariat sebagaimana yang sudah disampaikan.

webinar umroh.com

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Waktu Doa Terbaik

Pada hari Jumat juga bisa menjadi waktu doa terbaik untuk para umat islam. Hal ini disampaikan dengan hari Jumat merupakan hari dimana doa menjadi lebih mustajab apabila seseorang hamba muslim yang melaksanakan solat dan juga memohon sesuatu kepada Allah SWT di waktu tersebut, niscaya akan dikabulkan. Rasulullah menyampaikan ini langsung menggunakan tangannya sendiri.

Hari Jumat juga menjadi sayyidul ayyam atau penghulu segala hari, sehingga bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk memanjatkan doa. Terdapat banyak hadis juga yang mengatakan bahwa Hari Jumat adalah baik untuk waktu doa , contohnya Dari Abu Burdah bin Abi Musa al-Asy’ari yang menjelaskan bahwa Rasulullah menyampaikan kepada umatnya dengan berdoa Hari Jumat.

Anda bisa melakukan doa kapan pun, namun bagi yang melakukannya di Hari Jumat akan menjadi waktu terbaik dan tidak menutup kemungkinan bahwa doa Anda akan segara dikabulkan.

4. Hari Dihapuskan Dosa – Dosa

Dan keutamaan hari Jumat yang terakhir adalah dihapuskan dosa – dosa Anda. Terdapat riwayat yang berkata bahwa bagi siapa yang mandi pada hari Jumat, merapikan rambutnya, bersuci dengan kemampuannya, mengoleskan parfum dan berangkat ke masjid, kemudian masuk ke dalam masjid tanpa harus melangkah dua orang dilewatinya.

Kemudian solat sesuai tuntunan dan diam saat sedang khotbah disampaikan, niscaya diampuni para dosa – dosanya diantara dua Jumat. Kemudian bagi yang wanita bisa melakukan solat Dzuhur di rumah dengan memperbanyak shalawat dan juga memperbanyak doa. Tidak hanya dosa saja yang akan diberikan ampunan, tetapi juga keinginan Anda akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Tentu banyak sekali keistimewaan yang bisa Anda dapatkan pada hari Jumat dibanding dengan hari lainnya. Tanpa harus menganggap semua hari itu kurang baik, untuk umat islam di hari jumat akan banyak kebaikan yang bisa dapatkan lebih banyak.

Di dalam keutamaan hari Jumat banyak hal – hal baik yang bisa Anda lakukan. Khususnya bagi yang pria diwajibkan untuk melaksanakan solat Jumat. Untuk melakukan sebuah kebaikan Anda tidak harus menunggu sampai hari Jumat tiba, tapi Allah SWT telah menjanjikan untuk memberikan balasan yang lebih atas perbuatan baik Anda dengan berkali – kali lipat di hari Jumat.