1
Motivasi

Kesulitan Sedang Menghimpitmu? Lakukan 7 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kesulitan adalah adalah hal yang pasti dihadapi oleh seluruh manusia. Rintangan yang seakan menghalangi jalan kita sebenarnya adalah ujian dari Allah. Ujian ini selalu diberikan sebagai bagian dari kasih sayang Allah SWT. Saat kamu merasakan sulit yang menghimpit, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kamu akan naik kelas. Syarat agar bisa lulus dan naik derajat adalah menjalani ujian dengan baik. Saat ujian menghampiri, lakukan hal berikut agar kita lebih mudah menghadapinya:

Sabar

Langkah pertama untuk menghadapi ujian adalah dengan mengutamakan sabar. Dengan kesabaran, kita bisa lebih menerima takdir Allah yang sedang menimpa kita. Penerimaan dan rasa pasrah akan membuat kita ridho terhadap ketetapan Allah. Saat kita ridho terhadap ketetapan Allah, Allah juga akan ridho terhadap kita.

Sholat

Setelah kita menerima ujian dengan kesabaran, selanjutnya kita bisa meminta pertolongan lewat sholat. Kita bisa melaksanakan sholat wajib atau sunnah. Sholat adalah fasilitas yang disediakan Allah bagi seluruh hambaNya untuk menghadap dan memohon pertolongan kepadaNya. Doa-doa yang diucapkan saat sholat, terutama saat sujud atau sebelum salam, akan lebih cepat diijabah oleh Allah.

Memohon Ampun

Salah satu penyebab musibah yang terjadi pada kita adalah karena dosa-dosa yang telah kita lakukan. Ketika kita menyadari adanya kesulitan yang kita hadapi , yang harus kita lakukan adalah memohon ampun. Saat Allah SWT sudah mengampuni dosa-dosa kita, Insya Allah segala kesulitan kita akan diangkat.

Berdoa

webinar umroh.com

Kesulitan yang menimpa kita berasal dari Allah, maka serahkan penyelesaiannya kepadaNya. Allah telah berjanji mengabulkan doa-doa hambaNya. Karena itu, ketika menghadapi kesulitan, mohonlah kepada Allah jalan keluar untuk menghadapinya.

Bangun di Sepertiga Malam Terakhir

Doa yang dipanjatkan di sepertiga malam terakhir bagaikan anak panah yang melesat ke sasarannya. Di sepertiga malam terakhir, Allah ‘turun’ ke bumi untuk mengabulkan permintaan hambaNya dan mengampuni dosa-dosa hambaNya. Inilah saat yang tepat bagimu untuk memohon pertolongan atas kesulitan yang sedang kamu hadapi. Bangunlah untuk melaksanakan sholat Tahajud dan mengadukan semua permasalahanmu kepada Allah Yang Maha Besar.

Membaca Al Quran

Al Quran adalah kitab yang berisi petunjuk dari Allah SWT. Di dalam Al Quran, terdapat penyelesaian dari seluruh masalah yang dihadapi oleh manusia. Bacalah Al Quran dan maknanya saat kamu sedang menghadapi kesulitan. Saat kamu membacanya, Allah akan berkenan menuntunmu menemukan ayat-ayat yang bisa membantu menghadapi kesulitan.

Yakin kepada Pertolongan Allah

Salah satu syarat agar kita segera mendapat pertolongan Allah adalah yakin. Percayalah Allah akan menolong dan mengabulkan doa hambaNya. Tanpa keyakinan yang kuat, pertolongan Allah seakan terhalang dan tidak bisa menemui kita dengan cara yang ajaib. Saat berdoa dan memohon pertolongan pada Allah, yakinlah bahwa segala yang terjadi di dunia ini ada dalam kuasa Allah. Dialah yang berkuasa memberimu masalah sekaligus mengirimkan solusinya. Keyakinan ini akan membuatmu tenang dan membuat pertolongan segera datang kepadamu. Bukankah Allah sesuai dengan prasangka hambaNya?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.