1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Sering Berwudhu? Ternyata Inilah Beberapa Manfaatnya Bila Ditinjau Secara Medis (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sudah ada banyak penelitian-penelitian ilmiah terkait kegunaan wudhu di bidang medis ini. Lalu apa saja kegunaan kesehatan yang akan kita peroleh dari amalan ibadah yang satu ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

– Menghilangkan Sisa-Sisa Keringat yang Terdapat Pada Permukaan Kulit

Menghilangkan sisa-sisa keringat di permukaan kulit menjadi kegunaan medis selanjutnya dari wudhu. Membasuh kedua tangan serta wajah ketik berwudhu bisa menghilangkan sisa-sisa keringat yang menumpuk di permukaan kulit serta bisa membuat kulit dapat bernapas dengan baik.

Tidak hanya itu, membasuh wajah dan kedua tangan juga akan menghilangkan minyak dan lemak yang terdapat di kedua bagian tersebut disebabkan sekresi kulit. Hal ini tentu saja akan berdampak positif terhadap kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Menurut pakar ilmuwan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh manusia melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit pada dada, paru-paru, tenggorokan, lambung, dan anggota gerak lainnya. Selain itu, titik-titik tersebut juga bisa menghilangkan rasa cemas.

– Mencegah Kerontokan Rambut Serta Membuat Otak Kita Terasa Lebih Jernih

Membasuh sebagian rambut pada saat wudhu ternyata dapat membuat otak menjadi lebih jernih dalam berpikir, dapat mempertajam ingatan kita, mencegah kerontokan rambut serta bisa menghindarkan kita dari penyakit pikun. Hal ini bisa terjadi karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

– Merangsang Titik Pendengaran dan Keseimbangan Telinga Kita

webinar umroh.com

Membasuh kedua telinga dalam salah satu rukun wudhu, berarti telah membuat kita membersihkan telinga dari segala kotoran, debu dan kuman yang menempel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya. Selain itu, membersihkan telingan juga bisa merangsang titik pendengaran dan keseimbangan telinga. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur.

Menurut penelitian cabang spesifikasi kedokteran di Cina, dijelaskkan bahwa bentuk telinga bisa dipresentasikan sebagai tubuh manusia. Bentuk telinga ini sama dengan bentuk tubuh saat meringkuk ketika masih di dalam rahim ibunya. Kepalanya adalah bagian yang dipasang anting. Dalam lubang adalah tempat tersimpannya organ-organ tubuh bagian dalam.

Dengan membasuh telinga ketika berwudhu tentu saja akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang.

– Melindungi Kulit di Sekitar Kaki dari Bahaya Jamur

Salah satu rukun wudhu yang lain yaitu membasuh kaki disertai pijatan ternyata memiliki manfaat secara medis untuk tetap melindungi kulit daerah kaki dari bahaya jamur yang menyerang. Tidak sampai disitu saja, aktivitas ini juga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit kulit di area kaki.

Selain itu, gerakan tersebut juga bisa mengaktifkan kembali aliran darah di pembuluh darah yang terletak di bawah kulit. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air dapat memunculkan perasaan tenang dan nyaman ketika telah selesai berwudhu. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tersebut terbebas dari bertumpuknya emosi psikologi yang buruk.

– Membantu Sirkulasi Darah di Daerah Jari Tangan dan Kaki

Kegunaan medis terakhir dari berwudhu adalah membantu sirkulasi darah di jari tangan dan kaki. Dengan membasuh dan melakukan pijatan badan jari tangan dan kaki ketika berwudhu secara teratur dapat memperkuat sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah sedikit info tentang tujuh manfaat wudhu apabila ditinjau secara medis. Ternyata juga cukup banyak faedah yang bisa diperoleh dari aktivitas ibadah ini baik dari sisi ibadah atau pun medis. Oleh sebab itu, sebagai kaum muslim hendaknya senantiasa berwudhu ketika hendak beribadah kepada Allah SWT agar mendapatkan kegunaan yang luar biasa tersebut. Namun tetap niatkan yang utama berwudhu kita karena merupakan kewajiban Allah ya! Sedangkan manfaat lain yang bisa kita peroleh dari sisi medis cukup menjadi efek samping yang positif saja. Semoga kita semua menjadi pribadi yang rajin berwudhu.