1
Muslim Lifestyle

Beginilah Gambaran Hisab dan Timbangan di Akhirat Kelak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Pada saat kiamat terjadi, alam semesta akan hancur dan manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan akan keluar dalam kondisi yang bermacam-macam, sesuai dengan amal yang pernah dikerjakannya semasa hidup di dunia. Terbayang gak sih bagaimana gambaran hisab dan timbangan di Akhirat nanti.

Keterangan itu tercantum dalam surat Al Zalzalah ayat 6 hingga 8 dimana Allah berfirman, “Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” 

Umroh.com merangkum, tidak hanya itu, manusia akan mengalami Yaumul Hisab, atau hari di mana seluruh amal akan dihitung. Pada saat itu, kita tidak akan bisa menyembunyikan satu amal pun dari Allah subhanahu wa ta’ala. Hal tersebut tercantum dalam surat Al Haqqah ayat 18 dimana Allah berfirman, “Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah).” 

Baca juga: Bikin Merinding! Ini Sederet Dalil tentang Hari Kiamat

Seluruh anggota tubuh kita akan bersaksi secara jujur tentang apa yang pernah dikerjakannya. Tangan akan bercerita tentang apa dikerjakannya, mata akan berkisah tentang apa yang dilihatnya, dan kaki akan menjelaskan kemana ia pernah melangkah.  

Peristiwa itu dilukiskan dalam surat Yasin ayat 65, “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan”. 

Ditegakkannya Mizan 

Salah satu hari yang akan kita lalui di hari akhir kelak adalah Yaumul Mizan. Yaumul Mizan adalah hari di mana seluruh amalan kita akan ditimbang, untuk menentukan tempat kita di akhirat kelak. Apakah di surga atau neraka. Allah​ juga akan menggunakan timbangan atau Mizan yang sangat akurat untuk menimbang amal manusia. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bercerita tentang Mizan atau timbangan yang akan digunakan untuk menimbang amal manusia. Diriwayatkan oleh Imam Hakim, Rasulullah bersabda “Pada hari Kiamat, Mizan akan ditegakkan. Andaikan ia digunakan untuk menimbang langit dan bumi, niscaya ia akan tetap lapang. Maka Malaikat pun berkata, “Wahai Rabb-ku, untuk siapa timbangan ini?” Allah berfirman: “Untuk siapa saja dari hamba-hamba-Ku.” Maka Malaikat berkata, “Maha suci Engkau, tidaklah kami dapat beribadah kepada-Mu dengan sebenar-benarnya”. 

webinar umroh.com

Timbangan yang Sangat Akurat  

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, mizan bukanlah timbangan biasa. Timbangan ini akan menimbang dengan sangat akurat, sehingga tidak akan ada orang yang merasa dirugikan dengan hitungannya.  

Dalam surat Al Anbiya ayat 47, Allah berfirman “Dan Kami akan tegakkan timbangan yang adil pada hari Kiamat, sehingga tidak seorang pun yang dirugikan walaupun sedikit. Jika amalan itu hanya seberat biji sawipun, pasti Kami akan mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan”. 

Tiga Hal yang Ditimbang Saat Hari Kiamat 

Lalu, apakah yang akan ditimbang oleh timbangan akhirat atau Mizan? Ada tiga pendapat ulama mengenai hal yang ditimbang saat hari kiamat. Yaitu : 

1. Amal 

Di hari kiamat kelak, yang akan ditimbang adalah amal kita. Kelak saat hari akhir, atas kuasa Allah amal manusia akan menjadi sesuatu yang berwujud. Amal-amal itu akan diletakkan di atas timbangan Mizan. 

Semua yang pernah kita lakukan akan ditimbang di atas timbangan tersebut. Baik itu amal shaleh, maupun amal buruk. Para ulama menyebutkannya berdasarkan hadist berikut : 

Dari Abu Darda’ Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Tidak ada sesuatu yang lebih berat ketika diletakkan di Mizan, melebihi akhlak yang mulia” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban). 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Dua kalimat yang yang dicintai Allah ar-Rahman, ringan di lisan dan berat di timbangan, yaitu Subhaanallahi wa bihamdih, subhaanallahil ‘azhiim (artinya: “Maha Suci Allah sambil memuji-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung)” (HR. Bukhari dan Muslim). 

2. Tubuh 

Hal kedua yang akan ditimbang di hari kiamat kelak adalah manusia yang menjadi pelaku amal. Para ulama menyimpulkan ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya pada hari Kiamat nanti ada seorang laki-laki yang besar dan gemuk, tetapi ketika ditimbang di sisi Allah, tidak sampai seberat sayap nyamuk” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dituturkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud, dahulu ada seorang sahabat yang betisnya kecil. Para Sahabat lain mengetahuinya ketika ia mengambil ranting pohon untuk siwak, lalu angin berhembus hingga menyingkap pakaiannya. Para sahabat yang melihat kedua telapak kaki dan betis yang kecil itu pun tertawa.  

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian bertanya kepada para Sahabat, “Apa yang sedang kalian tertawakan?”. Para Sahabat kemudian menjawab, “kedua betisnya yang kecil, wahai Rasulullah”. 

Kemudian Rasulullah bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kedua betisnya itu di mizan nanti lebih berat dari pada gunung uhud” (HR. Ahmad). 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh pilihan Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Buku Catatan Amal 

Ketiga, kelak yang akan ditimbang di atas Mizan adalah buku catatan amal seseorang. Allah berfirman, “Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun”.” (QS. Al-Kahfi: 49) 

Dari Abdullah bin Amr bin al-‘Ash, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menuturkan tentang seseorang ketika buku catatan amalnya ditimbang. Orang itu memiliki 99 gulungan catatan dosa, yang setiap gulungannya sangat panjang, sejauh mata memandang.  

Allah kemudian bertanya kepada orang yang memiliki catatan amal itu, “Apakah ada yang engkau ingkari dari semua catatan ini? Apakah para (Malaikat) pencatat amal telah menganiayamu?”.  Orang itu kemudian menjawab, “Tidak wahai Rabbku”. 

Mau dapat kesempatan untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan promonya!

Allah bertanya lagi, “Apakah engkau memiliki udzur (alasan)?”. Dia menjawab, “Tidak, Wahai Rabbku”. 

Ternyata Allah tetap akan menilai satu kebaikan yang membuatnya tidak akan disiksa. Amal yang akan menyelamatkan manusia itu adalah kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul Allah. 

Satu lembar catatan yang mencatat amal kesaksian itu lebih berat timbangannya dibanding gulungan-gulungan catatan dosa milik manusia itu. Kemudian Rasulullah menekankan, “Demikianlah tidak ada satu pun yang lebih berat dari sesuatu yang padanya terdapat Nama Allah.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Seseorang yang berat timbangan kebaikannya akan memperoleh kehidupan yang bahagia dan memuaskan di akhirat. Sebaliknya, mereka yang berat timbangan amal buruknya akan ditempatkan di dalam neraka.

Punya rencana untuk berangkat umroh.com bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Allah berfirman dalam surat Al Qoriah ayat 6-11, “Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.” 

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.