1
Motivasi Sejarah Islam

Lima Pelajaran Berharga Dari Kehidupan Mus’ab ibn Umayr

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bayangkan seorang pria, masyhur di Mekah. Anda bisa mengenalnya dari aroma parfum saat ia telah melewati jalan. Yang paling tampan, berpakaian terbaik, dimanjakan ibunya, memiliki setiap kenyamanan yang tersedia di kota tersebut pada waktu itu. Sejarahwan masa lalu menggambarkannya sebagai “Orang Mekkah Yang Paling Mempesona”.

Sekarang bayangkan seorang pria, terbaring mati di tanah, berlumuran darah dan dimutilasi. Kedua tangannya telah terputus. Dia hanya memiliki satu potong pakaian yang jika dipakai untuk menutupi kepalanya, maka kakinya kelihatan, dan jika digunakan untuk menutupi kakinya maka kepalanya kelihatan. Dia dimasukkan ke dalam kuburnya dengan daun menutupi kakinya karena dia tidak memiliki pakaian yang cukup.

Adakah yang bisa membayangkan keduanya sebagai pria yang sama ? Namun dia adalah Mus’ab ibn Umayr. Dia adalah pria pertama yang dikirim oleh Nabi Muhammad dengan misi dakwah. Dia dikirim ke Madinah ketika hanya ada beberapa muslim di sana, dan ketika dia kembali ke Mekkah, dia memiliki tujuh puluh muslim yang ingin bersumpah setia kepada Nabi.

Seperti apakah orang ini, yang dipercaya oleh Nabi dengan misi yang begitu berat? Mari kita melihat beberapa karakteristiknya, untuk mengambil pelajaran dari mereka dan menerapkannya dalam kehidupan kita sendiri.

Kepribadian yang Kuat

Ketika dia, masih seorang kafir, mendengar berita hangat tentang Mekkah, bahwa Nabi sedang mengajarkan agama baru dan mencela dewa-dewa mereka, dia tidak membuang waktu. Dia pergi ke tempat rahasia pertemuan Muslim untuk mendengar Nabi.

Tidak lama setelah dia mulai mendengarkan pesan yang indah ini, dia menjadi bersemangat dan gembira. Pikiran-pikiran yang mengganggu begitu banyak orang Mekah lainnya sehingga menghalangi mereka menerima Islam, stigma sosial, masalah dengan keluarga dan teman-teman, risiko pelecehan, Semua ini tidak berhasil menghalanginya.

Ibunya dikenal karena kepribadiannya yang kuat, sampai-sampai orang takut padanya. Pada awalnya ia merahasiakan keIslamannya dari ibunya untuk menghindari konfrontasi. Tapi ibunya tetap tahu, dari seorang pria di antara para mata-mata yang mengawasi aktivitas kaum Muslim. Dia dipenjara dan diperlakukan dengan kasar, namun dia tetap bertahan.

Sabar

Setelah meninggalkan kehidupan mewah, ia harus mengenakan pakaian compang-camping dan hidup seperti anak tangga di bumi. Sulit tidur di malam hari dengan perut kosong, tetapi lebih sulit jika Anda hidup dalam kemewahan dan kemegahan sepanjang hidup Anda. Namun dia tetap sabar sampai saat kematiannya.

Suatu hari para sahabat melihatnya dalam keadaan compang-camping dan mulai menangis. Nabi berkata:

Saya melihat Mus’ab di sini, dan tidak ada anak muda di Mekah yang lebih dibelai oleh orang tuanya daripada dia. Kemudian dia meninggalkan semua itu untuk cinta Allah dan Nabi-Nya.


Pengetahuan dan Kebijaksanaan

webinar umroh.com

Setelah mempelajari agama dari Nabi Muhammad, ia dikirim untuk mengajarkannya kepada orang-orang Madinah, sendirian tanpa rekan guru lainnya. Jelas Nabi mengangkat seseorang untuk tugas itu. Ada teman-teman lain yang lebih tua darinya, namun Nabi memilihnya sebagai orang terbaik untuk tugas mempersiapkan lahan bagi kota Nabi, untuk mempersiapkannya tugas agar menjadi batu loncatan Islam.

Dia pergi dengan dua belas orang dan kembali dengan tujuh puluh orang. Itu sendiri adalah bukti keberhasilannya atas izin Allah.

 

Kelembutan

Bayangkan pria yang marah ini menceritakan tentang Mus’ab dan lingkaran muridnya. Dia diberitahu bahwa di sini ada kepala suku Madinah yang datang untuk menanganinya. Tidak lama setelah dia mendekat maka dia berteriak, ‘Apa yang membawamu ke sini? Apakah Anda datang untuk merusak iman kami? Pergi jika Anda ingin diselamatkan! ’

Adalah kebijaksanaannya yang luar biasa dan kelembutan karakternya yang dimanifestasikan dengan sangat indah dalam jawabannya:

‘Tidak akankah kamu duduk dan mendengarkan? Jika Anda menyukai tujuan kami, Anda dapat menerima; dan jika Anda tidak menyukainya, kami akan menghindarkan Anda dari apa yang Anda benci. ‘

Setelah mendengarkannya, kepala suku menerima Islam dan melalui dia banyak orang lain yang ikut pula menerima Islam.

 

Keberanian

Muslim kalah perang. Semuanya dalam kebingungan. Orang-orang melarikan diri dari musuh. Hanya sekelompok kecil Muslim yang masih berjuang. Itu adalah pertempuran Uhud, dan Mus’ab adalah salah satu dari sedikit pria dan wanita pemberani yang tersisa.

Kaum kafir telah menargetkan Nabi dan berusaha mendekatinya untuk membunuhnya. Mus’ab, ketika dia menyadari hal ini, mulai berteriak di atas suaranya, ‘Allahu Akbar!’ Dia menarik perhatian musuh menjauh dari Nabi ke arah dirinya sendiri.

Akhirnya mereka membunuhnya. Sebelum meninggal dia mengucapkan kata-kata terkenalnya, yang kemudian Allah wahyukan dalam Al-Quran:

Muhammad hanyalah seorang utusan. Utusan [lainnya] telah lewat di depannya. Jadi jika dia mati atau terbunuh, apakah Anda akan berbalik [tidak percaya]? (3: 144)