1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Shalat 5 Waktu – Paket Ampunan Dari Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sungguh menakjubkan betapa banyak peluang pengampunan tersedia untuk kita setiap hari melalui Sholat. Di setiap gerakan Shalat, ada kesempatan pengampunan: Wudhu, berjalan ke Masjid, berdoa dan zikir setelah shalat (mengingat Allah)

  • Wudu ‘: Membasuh Tubuh dan Jiwa

Abdullah As-Sunabihi melaporkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila hamba Allah yang beriman berwudhu lalu ia berkumur-kumur,  maka keluar dosa-dosadari mulutnya. Apabila ia menghirup air ke hidung dan menghembuskannya, maka keluarlah dosa-dosa dari hidungnya. Apabila ia membasuh wajahnya, maka keluarlah dosa-dosa dari wajahnya, sehingga keluar dari bawah kelopak matanya. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dosa-dosa dari kedua tangannya, sehingga keluar dari bawah kuku-kuku jari tangannya. Apabila ia mengusap kepalanya, maka keluarlah dosa-dosa dari kepalanya, sehingga keluar dari kedua telinganya. Apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah dosa-dosa dari kedua kakinya, sehingga keluar dari bawah kuku-kuku jari kakinya. Kemudian jadilah perjalanannya ke Masjid dan Sholatnya sebagai tambahan baginya.” (HR. Nasa’i)

 

  • Berjalan ke Masjid: Langkah Menuju Pengampunan

Jika seseorang wudhu dengan sempurna, kemudian menuju masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya sebagai pahala untuknya, mengangkat derajatnya, dan menghapuskan dosanya.. (HR. Muslim)

 

  • Sholat: Jaminan Pemurnian

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

webinar umroh.com

 

  • Dzikir Setelah-Shalat: Peluang Tanpa Batas

Abu Hurairah melaporkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir sebanyak 33 kali setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99 kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan “لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ” , maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.R. Muslim)

 

  • Pintu Terbuka untuk Pengampunan

Berdasarkan hadits ‘Utsman Radhiyallahu anhu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa berwudhu sebagaimana wudhuku ini, lalu shalat dua raka’at, sedang dia tidak berkata-kata dalam hati (tentang urusan dunia) ketika melakukannya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah  lalu.”

Akhirnya, untuk mendapatkan pahala di atas, kita perlu fokus pada kualitas sholat kita dan kegiatan ibadah yang mendahului / menggantikannya. Untuk menghilangkan noda yang sulit, Anda membutuhkan deterjen yang kuat dan efektif. Untuk memaksimalkan kekuatan sholat Anda, Anda perlu melakukannya dengan cara sebaik mungkin dalam hal konsentrasi, kerendahan hati, dan ketulusan.