1
News

Tokoh Islam, Muhammad Ali, Jadi Nama Bandara Amerika Serikat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bandara Internasional Louisville yang berlokasi di Kentucky, AS, telah mengumumkan akan mengubah namanya menjadi Bandara Internasional Muhammad Ali, untuk menghormati legenda olahraga tersebut, lapor CNN.

“Kami sangat senang mengumumkan bahwa @FlyLouisville akan mengubah namanya menjadi Bandara Internasional Louisville Muhammad Ali,” Muhammad Ali Center mengumumkan lewat Twitter pada Januari 2019.

“Menjaga warisan Muhammad tetap hidup di kota kelahirannya yang sangat dia cintai sangat penting bagi misi Ali Center. Hadiah ulang tahun yang luar biasa untuk The Champ! ”

Pejabat mengumumkan bahwa SDF akan diganti nama setelah petinju, olahragawan, dan aktivis kemanusiaan, Muhammad Ali, terpilih sebagai Olahragawan Abad ini oleh BBC.

“Hal ini memberi tahu dunia betapa bangganya kita menghubungkan ‘Yang Terhebat’ tidak hanya dengan kota besar kita tetapi juga bandara kita yang hebat,” Jim Welch, ketua Dewan Otoritas Bandara, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ali lahir di Louisville dan dibesarkan di sana sebagai seorang anak dan itu merupakan penghargaan yang pantas untuk salah satu kepribadian terbesar kota ini.

Walikota Greg Fischer memuji kontribusi Ali untuk dunia olahraga dan kota kelahirannya.

“Muhammad … telah meninggalkan warisan kemanusiaan dan atletis yang telah mengilhami miliaran orang,” kata Walikota Greg Fischer dalam sebuah pernyataan.

webinar umroh.com

“Sangat penting bagi kita, sebagai kota, warisan juara The Champ, dan penggantian nama bandara adalah langkah indah berikutnya.”

Istri Ali, Lonnie Ali, menyatakan dukungannya untuk perubahan nama bandara tersebut.

“Saya senang bahwa pengunjung dari jauh yang melakukan perjalanan ke Louisville akan memiliki titik sentuh lain bagi Muhammad dan diingatkan akan sifatnya yang terbuka dan inklusif, yang mencerminkan kota kami,” katanya.

Dinamai Cassius Marcellus Clay Jr setelah ayahnya, juara olahraga, meninggal pada usia 74, memeluk Islam pada tahun 1964 dan mengubah namanya menjadi Mohammad Ali, menjuluki dirinya, Cassius Clay, “nama budak saya”.

Ali menjadi ikon tidak hanya karena prestasinya di atas ring, tetapi juga keyakinan politiknya, khususnya sikapnya menentang perang bagi Amerika Serikat dalam perang Vietnam.

Keputusan itu membuatnya kehilangan lisensi tinju selama hampir empat tahun, tetapi menyegel warisannya sebagai seorang lelaki, untuk menyebarkan kisahnya lebih jauh.