1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Cara Membuat Budaya Baca Qur’an

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pernahkah Anda mengatakan pada diri sendiri, saya akan membaca setidaknya setengah jam dari Al-Quran setiap hari, hanya untuk membiasakan diri membaca Al-Quran, tapi tidak bertahan ? Pada dasarnya motivasi secara alami berkurang seiring waktu. Di sinilah pentingnya kebiasaan.

Setelah kebiasaan baru Anda terbentuk, Anda tidak terlalu tergantung pada motivasi dan kemauan untuk melakukannya. 95% hidup Anda ditentukan oleh pikiran bawah sadar — bagian otak Anda yang menjalankan aktivitas dengan autopilot, seperti menyikat gigi, berpakaian, dll., Tanpa memikirkannya. Berikut adalah empat cara untuk membuat jalur saraf baru untuk menciptakan kebiasaan membaca Al-Quran setiap hari!

  • Mulailah dari yang Kecil

Sasaran besar memang mengasyikkan, tetapi sasaran kecil “yang membosankan” lebih sering membawa kesuksesan. Tindakan kecil menipu otak Anda. Alam bawah sadar Anda suka memegang kendali; hal kecil tidak akan berubah, dan perubahan besar sering kali membuat perlawanan.

Tindakan:
Baca setidaknya satu ayat sehari dan berinteraksi dengannya. Buka Al-Quran dan pilih satu ayat saja. Baca, terjemahannya jika diperlukan, dan yang paling penting, rasakan.

Sebagai contoh, ayat tentang Firdaus, pikirkan dan bayangkan apa yang akan Anda lihat. Jika ini tentang neraka, bayangkan rasa sakit dan penyesalannya. Jika itu bagian dari sebuah cerita, seperti kisah nabi Yusuf jadilah penonton.

  • Gunakan Pemicu

Pilih waktu yang biasanya paling cocok untuk Anda membaca Al-Quran. Jika Anda berkomitmen untuk selalu membaca lima menit sebelum tidur, maka setelah beberapa minggu Anda secara otomatis akan berpikir tentang membaca sebelum tidur. Pemicu visual juga berfungsi dengan baik.

Tindakan:
Bawa Al-Quran di mana pun Anda berada. Anda dapat memiliki Al-Quran di kamar tidur, ruang tamu, dan dapur. Meletakkan Al-Quran di sebelah tempat tidur Anda akan mendorong Anda untuk membaca ketika Anda akan tidur di malam hari.

webinar umroh.com

 

  • Jadikan Nyaman

Buat bacaan Anda nyaman; duduklah dalam posisi yang nyaman dan santai. Semakin nyaman Anda membaca, semakin besar kemungkinan Anda akan melakukannya.

  • Jangan Putuskan Rantai

Seorang penulis memulai kebiasaan menulis materi baru setiap hari menggunakan kalender dinding dan spidol. Setiap dia berhasil menulis, dia akan meletakkan tanda X besar merah di kalender. Dia tidak ingin melihat hari-hari kosong yang “memutus rantai,” jadi ini mendorongnya untuk menulis setiap hari.

Tindakan:
Coba ini selama satu bulan, insyaAllah!